Penerapan Bauran Promosi PT. Sinar Sosro KP Solo 2 dalam Memperkenalkan Produk Teh Botol Tawar

P, NABILAH IKA R (2018) Penerapan Bauran Promosi PT. Sinar Sosro KP Solo 2 dalam Memperkenalkan Produk Teh Botol Tawar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (743Kb)

    Abstract

    Persaingan industri minuman teh dalam kemasan atau ready to drink di Indonesia semakin meningkat. Masing-masing perusahaan perlu menerapkan berbagai strategi agar produk yang diciptakan dapat dikenal oleh masyarakat luas dan tertuju pada segmen yang tepat. Maka dari itu, promosi dapat dilakukan guna memberikan informasi, mengembangkan keinginan konsumen untuk membeli, dan mempertahankan produk di tengah persaingan yang semakin ketat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bauran promosi yang diterapkan oleh PT. Sinar Sosro KP Solo 2 pada produk Teh Botol Tawar dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat pelaksanaan promosi. Penulis menggunakan analisis deskriptif dalam melakukan penelitian. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, observasi, dan wawancara dengan pihak yang terkait, yaitu staff administrasi dan staff penjualan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa PT. Sinar Sosro KP Solo 2 menerapkan empat bauran promosi pada produk Teh Botol Tawar, yaitu personal selling, advertising, sales promotion, dan public relation. Penentuan variabel bauran promosi yang diterapkan ditentukan oleh jumlah dana, sifat pasar yang meliputi luas geografi pasar dan konsentrasi pasar, jenis pelanggan, jenis produk, serta siklus kehidupan produk. Sebagai pelopor minuman teh ready to drink, Sosro telah dikenal baik oleh masyarakat luas yang dapat menjadi faktor pendukung dalam melakukan promosi. Namun, sumber daya manusia pada PT. Sinar Sosro KP Solo 2 dapat menjadi faktor penghambat apabila masing-masing karyawan tidak berusaha atau bekerja secara maksimal. Penulis memberikan saran untuk PT. Sinar Sosro KP Solo 2 agar lebih meningkatkan promosi melalui media periklanan, seperti membuat billboard dan memasangnya di pusat kota, memasang iklan di berbagai surat kabar, serta menggunakan media sosial. Selain itu, PT. Sinar Sosro KP Solo 2 harus memaksimalkan sumber daya manusia yang ada untuk mencapai tujuan dari setiap variabel promosi yang diterapkan. Kata kunci: promosi, bauran promosi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Aug 2018 11:32
    Last Modified: 20 Aug 2018 11:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41889

    Actions (login required)

    View Item