PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNYANYI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KRAKAL TAHUN AJARAN 2016/2017

Indrawati, Yutika (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNYANYI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KRAKAL TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    ABSTRAK Yutika Indrawati. PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNYANYI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KRAKAL TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Mei 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS) dengan multimedia dalam peningkatan kemampuan bernyanyi siswa; dan (2) meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa kelas V SD Negeri 1 Krakal tahun ajaran 2016/2017 melalui penerapan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS) dengan multimedia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan total empat kali pertemuan. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa kelas V SD Negeri 1 Krakal tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 13 perempuan dan 9 laki-laki. Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan wawancara. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif. Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model dari Arikunto. Langkah-langkah penerapan strategi PBAS dengan multimedia adalah sebagai berikut: (1) menggali pengetahuan atau materi pokok kemampuan bernyanyi melalui kegiatan menyimak video/audio/gambar dengan disertai tanya jawab dan pengajuan pendapat; (2) membentuk kelompok secara heterogen; (3) melakukan kerja kelompok melalui kegiatan diskusi/latihan; (4) melakukan demonstrasi atau pertunjukan kelompok dengan diberi penilaian oleh kelompok lain; (5) melakukan presentasi kelompok berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan yang telah dilakukan terhadap demonstrasi/pertunjukan kelompok lain; dan (6) menyimpulkan materi pokok kemampuan bernyanyi yang telah dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS) dengan multimedia dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa kelas V SD Negeri 1 Krakal yang dibuktikan dengan meningkatnya angka persentase dan rata-rata hasil evaluasi kemampuan bernyanyi siswa. Dalam hal ini, persentase kemampuan bernyanyi siswa mencapai 81,9% pada siklus I dan 88,7% pada siklus II. Selanjutnya, nilai rata-rata kemampuan bernyanyi siswa mencapai 77,6 pada siklus I dan 79,8 pada siklus II. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS) dengan multimedia dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa kelas V SD Negeri 1 Krakal tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS), multimedia, kemampuan bernyanyi ABSTRACT Yutika Indrawati. THE IMPLEMENTATION OF STUDENT’S ACTIVITY-ORIENTED LEARNING STRATEGY USING MULTIMEDIA TO IMPROVE SINGING SKILL FOR THE FIFTH-GRADE OF SD NEGERI 1 KRAKAL IN THE ACADEMIC YEAR 2016/2017. Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta. Mei 2018. The objectives of this research were: (1) to describe the implementation of student’s activity-oriented learning strategy using multimedia to improve student’s singing skill; and (2) to improve singing skill for the fifth-grade of SD Negeri 1 Krakal in the academic year 2016/2017 through the implementation of student’s activity-oriented learning strategy using multimedia. This research was a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within two cycles in total of four meetings. Each cycle consisted of planning, enforcement, observation, and reflection. Subjects of this research were 22 fifth-grade students of SD Negeri 1 Krakal in the academic year 2016/2017, consisting of 13 girls and 9 boys. Sources of data were a teacher and students. Techniques of collecting data were observation, test, and interview. Validity of data in this research using triangulation of technique and triangulation of sources. The research data were analyzed using qualitative data analysis. The research procedure used in this research was the model by Arikunto. The implementation steps of student’s activity-oriented learning strategy using multimedia were: (1) exploring the knowledge or main content of singing skill through observing a video/audio/picture with question-answer and giving opinions; (2) forming groups heterogeneously; (3) doing group work through discussion/training activities; (4) doing demonstration or group performance with assessment by other groups; (5) doing group presentation based on the results of discussion and observation which has been done toward other group’s demonstration/performance; and (6) concluding the main content of singing skill that has been studied. The result of this research showed that: the implementation of student’s activity-oriented learning strategy using multimedia can improve singing skill for the fifth-grade of SD Negeri 1 Krakal, it was proven by the increasing number of percentage and average of student’s singing skill evaluation result. In this point, the percentage of student’s singing skill reached 81,9% in cycle I and 88,7% in cycle II. Furthermore, the average value of student’s singing skill reached 77,6 in cycle I and 79,8 in cycle II. The conclusion of this research was the implementation of student’s activity-oriented learning strategy using multimedia can improve singing skill for the fifth-grade of SD Negeri 1 Krakal in the academic year 2016/2017. Keywords: student’s activity-oriented learning strategy, multimedia, singing skill

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Lafenia Merta
    Date Deposited: 08 Aug 2018 20:59
    Last Modified: 08 Aug 2018 20:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41876

    Actions (login required)

    View Item