TUGAS COPYWRITER MELALUI MEDIA LUAR RUANG DALAM EVENT SAVE MALANG HERITAGE DI UTERO INDONESIA

H, Aditya Yohanes (2018) TUGAS COPYWRITER MELALUI MEDIA LUAR RUANG DALAM EVENT SAVE MALANG HERITAGE DI UTERO INDONESIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (173Kb)

    Abstract

    RINGKASAN YOHANES ADITYA HERMAWAN, D1315078, TUGAS COPYWRITER MELALUI MEDIA LUAR RUANG DALAM EVENT SAVE MALANG HERITAGE DI UTERO INDONESIA. Periklanan merupakan suatu alat yang digunakan untuk tujuan memberikan informasi maupun promosi mengenai sebuah produk atau jasa kepada para khalayak. Dalam membangun suatu iklan yang menarik untuk ditujukan pada khalayak membutuhkan sebuah pesan yang mengandung ajakan. Iklan pada dasarnya itu menggunakan gambar, tulisan, suara dan lebih bagus jika menggabungkan semua unsur tersebut dibuat sekreatif mungkin untuk mempengaruhi konsumen. Unsur penting komunikasi pembuatan iklan untuk menyampaikan pesan kepada konsumen membutuhkan seorang copywriter. Dalam pembuatan iklan pasti ada pesan yang akan disampaikan kepada konsumen disitulah peran seorang copywriter akan muncul. Saat melaksanakan Kuliah Kerja Media, penulis memilih Utero Indonesia untuk mencari pengalaman baru dan mengambil divisi copywriter. Utero Indonesia sendiri merupakan suatu perusahaan agensi kreatif yang menyatukan dalam konsep naungan group dalam segi pelayanan, yang bergerak dalam bidang jasa dan produk periklanan, idea dan concept yang konsisten dalam membantu para kliennya untuk mewujudkan nilai-nilai branding & selling yang maksimal melalui konsep ide baik dalam grafis, photografi maupun gerak yang diolah dengan perangkat komputer dan peralatan canggih yang didukung oleh Sumber Daya Manusia yang profesional. Utero Indonesia berlokasi di jalan bantaran 1 no 25 Malang, di Utero Indonesia mempunyai peraturan untuk memakai atasan berwarna merah dan 8 jam kerja. Latar belakang dari pengambilan judul karena penulis mendapatkan project untuk event Save Malang Heritage. Event Save Malang Heritage sendiri diadakan tepat saat perayaan hari jadi kota Malang yang mempunyai tujuan untuk mengingatkan kembali tentang warisan atau budaya Malang tempo dulu. Pada event ini, penulis mendapat tugas untuk membuat sebuah copy iklan yaitu headline, sub headline dan body copy di media luar ruang, membuat naskah proposal serta menemukan idea tau tema untuk penyusunan agenda acara. Adapun penulisan laporan Kuliah Kerja Media berpedoman teori-teori antara lain periklanan, fungsi periklanan, media periklanan, copywriter, copywriting, karakteristik copywriting, jenis dan gaya pesan copywriting. Dalam melaksanakan tugas sebagai copywriter dalam event, penulis juga berpedoman dengan konsep pemasaran serta tahapan untuk mengadakan event. Kata kunci : Periklanan, Kuliah Kerja Media, Copywriter dan Event Organizer.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Lafenia Merta
    Date Deposited: 08 Aug 2018 20:35
    Last Modified: 08 Aug 2018 20:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41872

    Actions (login required)

    View Item