Metode Mnemonik untuk Mengingat Dua Belas Nervus Cranialis pada Mahasiswa Tingkat II Akper Kosgoro Mojokerto

Lestari, Yufi Aris (2010) Metode Mnemonik untuk Mengingat Dua Belas Nervus Cranialis pada Mahasiswa Tingkat II Akper Kosgoro Mojokerto. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1316Kb)

    Abstract

    Yufi Aris Lestari, Metode Mnemonik untuk Mengingat Dua Belas Nervus Cranialis pada Mahasiswa Tingkat II Akper Kosgoro Mojokerto, Program Studi Pendidikan Profesi Kesehatan, Program Pasca Sarjana, Tesis, Universitas Sebelas Maret 2010. Ingatan merupakan suatu proses biologi, yakni informasi diberi kode dan dipanggil kembali. Hal yang sangat penting harus kita perhatikan dalam mengingat sesuatu adalah menggunakan teknik yang dapat mempermudah kita mengingat sesuatu, misalnya teknik Mnemonik sepertik teknik loci, askrostik dan lain-lain. Para mahasiswa sering mengalami kesulitan dalam mengingat dua belas nervus cranialis, itu dikarenakan oleh beberapa hal antara lain yaitu karena menggunakan bahasa asing dan harus diingat secara berurutan. Berdasarkan pertimbangan di atas tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui apakah metode mnemonic dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengingat dua belas nervus cranialis serta untuk mengetahui efektifitas kelima tehnik (loci, kata kunci, menghubungkan, akronim dan akrostik) dalam metode mnemonic untuk mengingat dua belas nervus cranialis. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan pemberian lembar kuesioner. Analisis data dilakukan dengan melihat perubahan yang terjadi setelah dilakukan penerapan metode mnemonik. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa metode mnemonic dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengingat dua belas nervus cranialis dan tehnik loci adalah tehnik yang paling efektif untuk mengingat dua belas nervus cranialis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengajar atau mahasiswa dalam mengingat hal-hal tertentu dari system pembelajaran yang diinginkan, sehingga mengingat sesuatu bukan lagi menjadi hal yang sulit untuk dilakukan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Budianto Erwin
    Date Deposited: 15 Jul 2013 03:14
    Last Modified: 15 Jul 2013 03:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4187

    Actions (login required)

    View Item