PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA VIDEO DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN SBK TENTANG MENGGAMBAR IMAJINATIF PADA SISWA KELAS III SDN REJOSARI TAHUN AJARAN 2017/2018

Agustin, Tri Anah (2018) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA VIDEO DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN SBK TENTANG MENGGAMBAR IMAJINATIF PADA SISWA KELAS III SDN REJOSARI TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1511Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tri Anah Agustin. PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA VIDEO DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN SBK TENTANG MENGGAMBAR IMAJINATIF PADA SISWA KELAS III SDN REJOSARI TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2018. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah yang tepat penerapan pendekatan saintifik dengan media video, (2) meningkatkan pembelajaran SBK tenang menggambar imajinatif melalui penerapan pendekatan saintifik dengan media video, dan (3) mendeskripsikan kendala yang dihadapi dan solusi penerapan pendekatan saintifik dengan media video. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas tipe kolaboratif. Penelitian dilakukan selama tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Rejosari yang terdiri dari 33 siswa. Sumber data pada penelitian ini yaitu siswa, guru kelas III SD, dan teman sejawat. Teknik pengumpul data menggunakan observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan saintifik dengan media video dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) mengamati dengan media video, (b) menanya berdasarkan media video, (c) mencoba menggambar berdasarkan media video, (c) menalar berdasarkan media video, (e) mengkomunikasikan berdasarkan media video, dan (f) mencipta bedasarkan media video; (2) penerapan pendekatan saintifik dengan media video dapat meningkatkan pembelajaran SBK tentang menggambar imajinatif pada siswa kelas III SDN Rejosari tahun ajaran 2017/2018 terbukti persentase jumlah siswa yang tuntas pada siklus I = 84,85%, siklus II = 89,39%, siklus III = 92,33%; (3) kendala yang dihadapi yaitu siswa kurang percaya diri pada kegiatan menanya dan siswa kurang memperhatikan penjelasan guru. Solusi dari kendala tersebut yaitu guru mengingatkan dan memotivasi siswa agar percaya diri pada kegiatan menanya dan guru mengingatkan dan menegur siswa agar lebih memperhatikan penjelasan guru tentang video yang akan digunakan. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan pendekatan saintifik dengan media video dapat meningkatkan pembelajaran SBK tentang menggambar imajinatif pada siswa kelas III SDN Rejosari tahun ajaran 2017/2018. Kata Kunci: pendekatan saintifik, video, menggambar imajinatif ABSTRACT Tri Anah Agustin. K7114180. THE APPLICATION OF SCIENTIFIC APPROACH USING VIDEO MEDIA IN IMPROVING SBK LEARNING ABOUT IMAGINATIVE DRAWING FOR THE THIRD-GRADE STUDENTS OF SDN REJOSARI IN THE ACADEMIC YEAR OF 2017/2018. Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta. Juny 2018. The objectives of this research are: (1) to describe the steps on the application of scientific approach with video media, (2) to improve SBK learning about imaginative drawing through the application of scientific approach using video media, and (3) to describe problems and solutions on the application of scientific approach using video media. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Subjects of this research were 33 students of the third grade of SDN Rejosari. Sources of data were derived from teacher, students, and classmates. Techniques of collecting data were observation, interview, document, and test. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Data analysis consists of data reduction, data display, and drawing conclusion. The results of this research show that: (1) the steps of the application of scientific approach using video media are conducted with the following steps: (a) watch video, (b) ask questions based on video, (c) drawing based on video, (d) think deeply based on video, (e) communicate information based on video, and (f) creating based on vide; (2) the application of scientific approach using video media can improve SBK learning about imaginative drawing for the third-grade students of SDN Rejosari in the academic year of 2017/2018. It was proven by the increase of learning outcomes in the first cycle 84,85%, in the second cycle 89,39%, and in the third cycle 92,33%; (3) the problem encountered in the application of scientific approach using video media is that few students are not confident in asking questions and pay less attention to the teacher’s explanation. Solution for this problem is the teacher encourages students in questioning activity and reminds students to pay more attention to the teacher’s explanation. The conclusion of this research is the application of scientific approach using video media can improve SBK learning about imaginative drawing for the third-grade students of SDN Rejosari in the academic year of 2017/2018. Keywords: scientific approach, video, imaginative drawing

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Lafenia Merta
    Date Deposited: 08 Aug 2018 20:12
    Last Modified: 08 Aug 2018 20:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41867

    Actions (login required)

    View Item