Penerapan Model Group Investigation Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPS tentang Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Mergosono Tahun Ajaran 2017/2018

Jayanto, Singgih Nur (2018) Penerapan Model Group Investigation Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPS tentang Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Mergosono Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (536Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Singgih Nur Jayanto. PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS TENTANG PERJUANGAN MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 MERGOSONO TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, mei, 2018. Tujuan Penelitian ini, yaitu: (1) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Group Investigation dengan media gambar, (2) meningkatkan pembelajaran IPS melalui penerapan model Group Investigation dengan media gambar, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pada penerapan model Group Investigation dengan Media gambar dalam peningkatan pembelajaran IPS tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan pada siswa kelas V SDN 1 Mergosono tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Mergosono tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 26 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan pedoman wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model Group Investigation dengan media gambar, yaitu: (a) pembentukan kelompok; (b) pembagian topik pelajaran dengan media gambar; (c) pelaksanaan diskusi (investigation) dengan media gambar; (d) menyusun laporan akhir; (e) presentasi laporan akhir (f) klarifikasi; (g) kesimpulan. (h) evaluasi; (2) penerapan model Group Investigation dengan media gambar dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan, dibuktikan dengan peningkatan tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I-III, yaitu 53,85%, 84,65%, 94,24%; (3) kendala penerapan model Group Investigation dengan media gambar yaitu: (a) sulitnya mengarahkan dan membimbing siswa untuk aktif berdiskusi, (b) sulitnya mengarahkan siswa untuk memperhatikan presentasi kelompok lain, dan (c) kurangnya keberanian siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, dan solusi untuk kendala tersebut yaitu: (a) guru memberikan motivasi dengan mengarahkan siswa yang aktif untuk mengajak temannya yang pasif untuk ikut aktif dalam kelompoknya (b) guru mengarahkan siswa untuk menghargai orang lain, dan (c) guru memberikan motivasi berupa pemberian nilai tambah bagi siswa yang bertanya dan menjawab Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan model Group Investigation dengan media Gambar dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuang mempersiapkan kemerdekaan pada siswa kelas V SDN 1 Mergosono tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: Group Investigation, media gambar, IPS ABSTRACT Singgih Nur Jayanto. THE USE OF GROUP INVESTIGATION USING PICTURE IN IMPROVING THE LEARNING OF IPS ABOUT THE STRUGGLE OF PREPARING THE INDEPENDENCE FOR THE FIFTH GRADE STUDENTS OF SDN 1 MERGOSONO THE ACADEMIC YEAR OF 2017/2018. Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta, May 2018. The objectives of this research are: (1) to describe the steps on the use of Group Investigation using picture media, (2) to improve the learning of IPS through the use of Group Investigation using picture media, (3) to describe problems and solutions on the use of Group Investigation using picture media in improving the learning of IPS about the struggle of preparing the independence for the fifth grade students of SDN 1 Mergosono the academic year of 2017/2018. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycles consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were teacher and 26 students of the fifth grade of SDN 1 Mergosono the academic year of 2017/2018. Sources of data were derived from teacher and students. Techniques of collecting data were learning outcomes test, observation, and interview. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation technique. Data analysis was using data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this research show that: (1) the steps on the use of the use of group investigation using picture media, namely: (a) formation group, (b) topic sharing with picture media, (c) conducting investigation with picture media, (d) preparing the final report, (e) presenting the fina report, (f) clarification, (g) conclusion, and (h) evaluating; (2) the use of group investigation using picture media can improve the learning of IPS about the struggle of preparing the independence. It was proven by the increase of learning outcomes in the first cycles 53,85%, second cycles 84,65%, and third cycles 94,24; (3) the problems on the use of group investigation using picture media, namely: (a) it was difficult to guide students to be actively discussing, (b) it was difficult to guide students to pay attention to other group presentation, and (3) and the students the lack of courage of asking and answer the question, and solution of these problem are: (a) teacher giving motivation with guides passive student to avtively participating in the discussion, (b) teacher guides students to important honor other people, and (c) teacher gives motivation by giving reward for student who is asking and answer the question. The conclusion of this research is the use of group investigation using picture media can improve the learning of IPS about the sruggle of preparing the independence for the fifth grade students of SDN 1 Mergosono the academic year of 2017/2018. Keyword: Group Investigation, picture media, IPS

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Lafenia Merta
    Date Deposited: 08 Aug 2018 19:38
    Last Modified: 08 Aug 2018 19:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41861

    Actions (login required)

    View Item