Pembuatan Game : Cerita Interaktif Anak Dalam Rangka Meningkatkan Minat Membaca Menggunakan Unity 3D Game Engine Berbasis Android

P, Rhezka Mahendra G (2018) Pembuatan Game : Cerita Interaktif Anak Dalam Rangka Meningkatkan Minat Membaca Menggunakan Unity 3D Game Engine Berbasis Android. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (638Kb)

    Abstract

    Membaca merupakan salah satu kegiatan yang penting bagi manusia.Namun rendahnya kesadaran akan pentingnya membaca di masyarakat Indonesiaberdampak kepada salah satu survey yang mengkaji tentang peringkat literasi suatu Negara dan bangsa Indonesia termasuk kedalam peringkat yang paling rendah.Salah satu solusi menyelesaikan permasalahan yang ada adalah dengan membuat sebuah Aplikasi Cerita Interaktif Anak Dalam Rangka Meningkatkan Minat Membaca Menggunakan Unity 3D Game Engine Berbasis Android dengan harapan untuk meningkatkan minat membaca masyarakat Indonesia sejak dini. Untuk membuat Aplikasi Cerita Interaktif Anak Dalam Rangka Meningkatkan Minat Membaca Menggunakan Unity 3D Game Engine Berbasis Android harus melewati beberapa tahap.Sebagai langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan membuat sketsa lalu alur cerita yang kemudian dilanjutkan dengan membuat aplikasi dengan menggunakan Unity 3D Game Engine.Sebelum dipublikasikan kepada publik, penulis perlu melakukan pengujian terhadap aplikasi ini dengan menggunakan konsep pengisian kuisioner yang ditujukan kepada anak berusia 6 hingga 11 tahun.Barulah setelah itu aplikasi ini benar – benar bisa dipublikasikan secara masif setelah mendapatkan hasil penelitian dari kuisioner pengujian aplikasi. Pembuatan Cerita Interaktif Anak Dalam Rangka Meningkatkan Minat Membaca Menggunakan Unity 3D Game Engine Berbasis Android bertujuan untuk meningkatkan minat membaca anak. Selain itu pilihan moral dan pesan moral yang terkandung di dalam aplikasi diharapkan mampu diimplementasikan kepada para pengguna aplikasi Cerita Interaktif Anak ini. Kata Kunci :Android,Membaca,Cerita Interaktif Anak,Unity 3D.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Ilmu Komputer
    Depositing User: Lafenia Merta
    Date Deposited: 08 Aug 2018 17:26
    Last Modified: 08 Aug 2018 17:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41847

    Actions (login required)

    View Item