Telaah Tingkat Kesehatan Keuangan Perusahaan Untuk Produk Surety Bond: Pendekatan Dengan Metode Moving Average Pada PT. Asuransi Kredit Indonesia (Persero) Cabang Surakarta

Sampagita, Rayhan (2018) Telaah Tingkat Kesehatan Keuangan Perusahaan Untuk Produk Surety Bond: Pendekatan Dengan Metode Moving Average Pada PT. Asuransi Kredit Indonesia (Persero) Cabang Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (778Kb)

    Abstract

    ABSTRAK TELAAH TINGKAT KESEHATAN KEUANGAN PERUSAHAAN UNTUK PRODUK SURETY BOND : PENDEKATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MOVING AVERAGE PADA PT. ASURANSI KREDIT INDONESIA (PERSERO) CABANG SURAKARTA Rayhan Sampagita NIM. F3615057 Penulisan Tugas Akhir ini dilatar belakangi oleh tingginya potensi pasar produk surety bond pada PT.Asuransi Kredit Indonesia (Persero) cabang Surakarta. Peneliti tertarik untuk meneliti tingkat kesehatan perusahaan dan pengaruh produk surety bond terhadap tingkat kesehatan perusahaan pada PT.Askrindo(Persero) Cabang Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penulis memperoleh data dan mengamati secara langsung selama kegiatan magang pada PT.Askrindo (Persero) Cabang Surakarta dengan melakukan wawancara dan library research. Metode pengolahan data yang digunakan penulis adalah metode moving average nilai Risk Based Capital (RBC) dan perhitungan korelasi jumlah klaim produk surety bond. Berdasarkan perhitungan nilai RBC PT.Askrindo (Persero) Cabang Surakarta tahun 2017 sebesar 569% dengan pengaruh jumlah klaim surety bond sebesar 64%. Hambatan yang dihadapi perusahaan: (1)jumlah karyawan kurang mencukupi;(2)dokumen tidak lengkap;(3)prinsipal tidak mampu menyelesaikan proyek;(4)obligee mensyaratkan adanya pihak ketiga;(5)persaingan pasar cukup ketat. Solusi efektif yang dapat diterapkan : (1)peningkatan pemasaran internal dan eksternal;(2)memperkecil jumlah klaim. Saran dari penulis agar perusahaan dapat meningkatkan selektivitas dalam menerima prinsipal surety bond dan proyek yang dipertanggungkan;pengecekan dokumen dan penyampaian informasi kebutuhan dokumen dilakukan diawal transaksi. Kata kunci : Tingkat kesehatan perusahaan, Surety Bond, PT. Askrindo (Persero) Cabang Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: Lafenia Merta
    Date Deposited: 08 Aug 2018 16:36
    Last Modified: 08 Aug 2018 16:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41844

    Actions (login required)

    View Item