NOVASI PELAYANAN PENCATATAN AKTA KEMATIAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURAKARTA (Studi Kasus: Program Bela Sungkawa Kirim Akta Kematian)

Widyawati, Ratna (2018) NOVASI PELAYANAN PENCATATAN AKTA KEMATIAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURAKARTA (Studi Kasus: Program Bela Sungkawa Kirim Akta Kematian). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (249Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ratna Widyawati. D0114091. Inovasi Pelayanan Pencatatan Akta Kematian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta (Studi Kasus: Program Bela Sungkawa Kirim Akta Kematian). Skripsi. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Meret, Surakarta. 2018 Kota Surakarta sebagai salah satu Kota dengan pelayanan administrasi kependudukan terbaik di Indonesia (Menpan, 2014), masih memiliki permasalahan terkait cakupan kepemilikan akta kematian. Secara statistik, di tiap tahunnya masih ada penerbitan akta kematian terlambat. Masih adanya penerbitan akta kematian terlambat dikarenakan keluarga/ahli waris baru mencatatkan kematian setelah sekian lamanya. Penyebab masyarakat baru mencatatkan kematian tersebut dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat dalam mengurus akta kematian, dan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pentingnya kepemilikan akta kematian. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan,faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan sertabentuk (tipologi) inovasi pelayanan pencatatan akta kematian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan teorifaktor-faktor yang mempengaruhi inovasi pelayanan publik menurut Suwarno (2008) dan tipologi dari Mulgan & Albury (dalam Muluk, 2008). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan purposive samplingdan accidental samplingdengan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman. Berdasarkan dari penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan ditemukan bahwa pelaksanaan inovasi pencatatan akta kematian “Besuk Kiamat”tersebut berjalan cukup baik. Namun demikian masih ada hambatan dalam pelaksanaan inovasi ini dikarenakan faktor terbatasnya Sumber Daya Manusia dalam memberikan pelayanan dan terkait jaringan internet yang kadang terganggu atau error. Karena dalam pelaksanaan inovasi ini ada penyederhanaan prosedur dalam proses kerja maka inovasi ini tergolong dalam tipologi inovasi proses pelayanan. Kata kunci: Inovasi Pelayanan Publik, Akta Kematian, Besuk Kiamat

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Lafenia Merta
    Date Deposited: 08 Aug 2018 16:31
    Last Modified: 08 Aug 2018 16:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41843

    Actions (login required)

    View Item