Perbedaan Pengaruh Model Blended Learning Dan Tatap Muka Pada Materi Persamaan Linier Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Aljabar Linier Ditinjau Dari Motivasi Di Amik Wahana Mandiri

Nurhaeti, Nurhaeti (2018) Perbedaan Pengaruh Model Blended Learning Dan Tatap Muka Pada Materi Persamaan Linier Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Aljabar Linier Ditinjau Dari Motivasi Di Amik Wahana Mandiri. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (590Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah ada perbedaan prestasi belajar mata kuliah aljabar linier antara mahasiswa yang diajar melalui model pembelajaran blended learning dengan mahasiswa yang diajarkan dengan tatap muka; (2) apakah ada perbedaan prestasi belajar mata kuliah aljabar linier antara mahasiswa yang miliki motivasi belajar tinggi dengan mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah; (3) ada interaksi pengaruh antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata kuliah aljabar linier. Penelitian ini merupakan hasil pengukuran mahasiswa pada mata kuliah aljabar linier dengan menggunakan pendekatan kuantitatif serta dengan memperhatikan aspek motivasi, model pembelajaran dan prestasi belajar mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 52 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah aljabar linier di AMIK Wahana Mandiri. Data tingkat motivasi diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar aljabar linier diperoleh dari hasil tes aljabar linier pokok bahasan persamaan linier. Jenis Penelitian ini adalah eksperimental dengan desain rancangan analisis 2x2 dan dilaksanakan di AMIK Wahana Mandiri tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, sedangkan metode yang digunakan untuk mendapatkan data dari tabel yang diteliti adalah dengan metode tes serta metode angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan (Anova). Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang diberi pelajaran dengan menggunakan model blended learning dibandingkan dengan mahasiswa yang diberi model tatap muka pada mata kuliah aljabar linier (Fa = 8,753 >F0,05=3,18). (2) Tidak terdapat perbedaan pengaruh motivasi belajar tinggi dan rendah peserta didik terhadap prestasi belajar pada mata kuliah aljabar linier (Fb =2,384

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Teknologi Pendidikan S-2
    Depositing User: Lafenia Merta
    Date Deposited: 08 Aug 2018 15:59
    Last Modified: 08 Aug 2018 15:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41837

    Actions (login required)

    View Item