DRAMA NOKTAH KARYA MEONG PURWANTO UNTUK PEMENTASAN 14-15 APRIL 1992 DI TEATER ARENA, TAMAN BUDAYA JAWA TENGAH: STRUKTURALISME GEORGE R. KERNODLE

Mahendrasari, Nuraini Ratna (2018) DRAMA NOKTAH KARYA MEONG PURWANTO UNTUK PEMENTASAN 14-15 APRIL 1992 DI TEATER ARENA, TAMAN BUDAYA JAWA TENGAH: STRUKTURALISME GEORGE R. KERNODLE. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (210Kb)

    Abstract

    Nuraini Ratna Mahendrasari. C0213052. Drama Noktah Karya Meong Purwanto untuk Pementasan 14-15 April 1992 di Teater Arena, Taman Budaya Jawa Tengah: Strukturalisme George R. Kernodle. Skripsi: Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana struktur yang terdiri dari plot, karakter dan tema drama Noktah? (2) Bagaimana tekstur yang terdiri dari dialog, mood dan spectacle drama Noktah? (3) Bagaimana makna keseluruhan drama Noktah dilihat dari keterkaitan antarunsurnya? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan struktur yang terdiri dari plot, karakter dan tema drama Noktah. (2) Untuk mendeskripsikan tekstur yang terdiri dari dialog, mood, dan spectacle drama Noktah. (3) Untuk mendeskripsikan makna keseluruhan drama Noktah dilihat dari keterkaitan antarunsurnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan struktural. Sumber data penelitian ini adalah drama Noktah karya Meong Purwanto dan segala penelitian yang berkaitan dengan drama Noktah. Data penelitian ini adalah dialog, narasi dan catatan tambahan drama Noktah. Data-data dikumpulkan dengan cara membaca drama Noktah, menglasifikasi data, dan mencatat informasi. Data-data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode struktural. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Noktah merupakan drama modern dengan tema pencarian. Karakter yang berjumlah 8 tokoh membantu menciptakan ketegangan dengan intensitas dan tempo yang naik-turun dan berbeda. (2) Dialog yang digunakan adalah bahasa Indonesia yang tidak lazim untuk percakapan sehari-hari, sehingga menimbulkan kesan puitis dan menguatkan emosi serta suasana. Musik digunakan untuk membantu menguatkan emosi dan suasana yang akan disampaikan ke penonton. Spectacle diwujudkan melalui imaji properti, tata cahaya, tata rias, busana karakter yang membantu menguatkan suasana dan dialog. (3) Semua unsur dramatik dalam drama Noktah saling berkaitan dan membentuk satu kesatuan. Tema merupakan unsur utama yang menjadikan semua unsur lain ada dan saling berkaitan. Keterkaitan semua unsur dalam sebuah adegan tidak hanya melalui karakter, karena jika karakter tidak saling berhubungan maka unsur tersebut berkaitan melalui peristiwa dan emosi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Indonesia
    Depositing User: Lafenia Merta
    Date Deposited: 08 Aug 2018 14:45
    Last Modified: 08 Aug 2018 14:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41835

    Actions (login required)

    View Item