Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dengan Media Flashcard dalam Peningkatan Pembelajaran IPS tentang Jenis Pekerjaan pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Bumirejo Tahun Ajaran 2017/2018

Muryani, Lilis (2018) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dengan Media Flashcard dalam Peningkatan Pembelajaran IPS tentang Jenis Pekerjaan pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Bumirejo Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (635Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Lilis Muryani. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA FLASHCARD DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS TENTANG JENIS PEKERJAAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 BUMIREJO TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2018. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah penerapan model Numbered Heads Together dengan media Flashcard dalam peningkatan pembelajaran IPS tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2017/2018; (2) meningkatkan pembelajaran IPS tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2017/2018 melalui penerapan model Numbered Heads Together dengan media Flashcard; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Numbered Heads Together dengan media Flashcard dalam peningkatan pembelajaran IPS tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian dilaksanakan selama tiga siklus. Sumber data dari penelitian ini yaitu guru dan siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, pedoman wawancara dan tes hasil belajar siswa. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran numbered heads together dengan media flashcard dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) membagi kelas menjadi beberapa kelompok kecil lalu membagi nomor kepala, (b) memberikan tugas, (c) diskusi kelompok, (d) memanggil nomor siswa untuk presentasi, (e) diskusi secara klasikal, (f) kesimpulan; (2) penerapan model pembelajaran numbered heads together dengan media flashcard dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang jenis pekerjaan di kelas III SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2017/2018, baik dari segi proses maupun hasil pembelajaran.; (3) kendala dan solusi yang dihadapi yaitu: a) guru kurang maksimal dalam membimbing pelaksanaan diskusi kelompok dan menentukan jawaban atau hasil diskusi; b) siswa malu dalam bertanya apabila mengalami kesulitan dan menyampaikan hasil diskusi kelompoknya; c) siswa belum menanggapi hasil diskusi kelompok lain, d) ada beberapa anak yang mengganggu mahasiswa ketika sedang mendokumentasikan kegiatan pembelajaran. Adapun solusi untuk menyelesaikan kendala-kendala tersebut, antara lain: a) mengarahkan guru untuk membimbing pelaksanaan diskusi kelompok dan memberikan jawaban atau hasil diskusinya secara maksimal; b) membangkitkan semangat siswa agar tidak malu bertanya ketika mengalami kesulitan serta tidak malu dalam menyampaikan hasil diskusi kelompoknya; d) mengkondisikan siswa agar mau menganggapi hasil diskusi kelompok lain, e) menegur siswa tersebut agar fokus pada pembelajaran dan tidak mengganggu mahasiswa yang sedang mendokumentasikan kegiatan pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran numbered heads together dengan media flashcard dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang jenis pekerjaan di kelas III SD Negeri 1 Bumirejo. Kata Kunci : numbered heads together, media flashcard, pembelajaran, IPS ABSTRACT Lilis Muryani. THE USE OF NUMBERED HEADS TOGETHER LEARNING MODEL USING FLASHCARD MEDIA TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES OF SOCIAL SCIENCE ABOUT TYPE OF WORK FOR THE THIRD-GRADE STUDENTS OF SD NEGERI 1 BUMIREJO IN THE ACADEMIC YEAR OF 2017/2018. Thesis, Teacher Training and Education Faculity, Sebelas Maret University of Surakarta, May 2018. The objectives of this research are: (1) to describe the step on the use of numbered heads together learning model using flashcard media to improving learning on social science about type of work for the third-grade students of SD Negeri 1 Bumirejo in the academic year of 2017/2018; (2) to improve learning outcomes of social science about type of work for the third-grade students of SD Negeri 1 Bumirejo in the academic year of 2017/2018; and (3) to describe obstacle and solutions to the use of numbered heads together learning model using flashcard media to improving learning outcomes of social science about type of work for the third-grade for the third-grade of SD Negeri 1 Bumirejo in the academic year of 2017/2018. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Subjects of this research were of third-grade student. The data were collected from the teacher and third-grade students. Tecniques of collecting data were observation, interview, and test of student’s learning outcome. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Data analysis technique used in research are data reduction, data display, and drawing conclusion. The result of this research show that: (1) the steps on the use of numbered heads together learning model using flashcard media namely: (a) teachers divide the class into small groups. Each group member gets a number, (b) the teacher assigns a set of questions to be answered by each group, (c) each group thinks of answers to teacher questions. And make sure each group member knows the answer correctly, (d) the teacher dials the student number and the number dialed out of his or her group reports or explains the results of their cooperation, (e) teachers develop deeper discussion, so learners can find the answers to the questions as a whole knowledge, (f) conclusion; (2) the use of numbered heads together learning model using flashcard media can improve learning outcomes of social science.; (3) there were obstacles on the use of numbered heads together learning model using flashcard media namely: (a) teachers have not guided the implementation of group discussions, (b) the teacher has not determined the correct answer or discussion result, (c) students are embarrassed to ask when they have difficulties, (d) students are embarrassed when they come to the front of the class and deliver the results of their group discussions, (e) students have not responded to the results of other group discussions, (f) there are some students who annoy students while documenting learning activities. The conclusion of this research is the use of numbered heads together learning model using flashcard media can improve learning on social science about type of work for the third-grade students of SD Negeri 1 Bumirejo in the academic year of 2017/2018. Keywords: numbered heads together, flashcard media, improve learning, social science

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Lafenia Merta
    Date Deposited: 08 Aug 2018 14:21
    Last Modified: 08 Aug 2018 14:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41831

    Actions (login required)

    View Item