Penerapan Strategi Penetration Pricing Pada Produk Teh Kemasan Sosro Varian S-tee

Pramesti, Laras Aulia (2018) Penerapan Strategi Penetration Pricing Pada Produk Teh Kemasan Sosro Varian S-tee. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (764Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PENERAPAN STRATEGI PENETRATION PRICING PADA PRODUK TEH KEMASAN SOSRO VARIAN S-TEE Laras Aulia Pramesti NIM: F3215034 Strategi penetration pricing merupakan strategi penetapan harga dengan menetapkan harga serendah-rendahnya agar menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut. Dengan tujuan mengenalkan produk S-tee yang beberapa tahun ini mengalami penurunan, menjadi kembali bangkit dengan strategi penetration pricing. Selain penetapan harga yang rendah, ‘tag line’ pada produk S-tee adalah less sugar. Penelitian dilakukan agar mengingatkan dan membuat mindset pada konsumen mengenai produk S-tee yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi penetration pricing berpengaruh pada peningkatan penjualan pada PT. Sinar Sosro KP 2 Solo. Peneitian ini merupakan penelitian deskriptive, dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Peneliti melakukan penelitian di kantor PT. Sinar Sosro KP 2 Solo selama kurang lebih satu bulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Sinar Sosro KP 2 Solo ini telah melakukan beberapa strategi dalam menjalankan kegiatan penjualan. Strategi tersebut diantaranya Strategi bundling, diskon dan juga penetration pricing. Secara keseluruhan PT. Sinar Sosro KP 2 Solo melakukan strategi tersebut dengan penuh perhitungan yang baik. Tetapi, banyak dari strategi yang dilakukan dinilai kurang efektif serta efisien. Bundling dilakukan dengan cara penggabungan 2 atau lebih produk lalu dijual dengan harga yang sama. Sedangkan diskon, hanya bisa ditetapkan pada moment atau keadaan tertentu yang mendukung untuk diadakannya diskon. Cara yang paling tepat diambil pada penetration pricing terutama pada produk S-tee yang hampir tidak ada konsumen. Penjualan jugan dilakukan pada tempat-tampat yang strategis seperti Car Free Day, Event sekolah, maupun lomba yang digelar oleh pihak tertentu. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan, peneliti mendapatkan hasil bahwa penerapan strategi penetration pricing pada produk S-tee sudah ada kemajuan dalam hal peningkatan penjualan. Dan tetap bertahan pada harga rendah namun banyak konsumen serta tidak merugikan perusahaan Kata kunci: Strategi penetration pricing, tag line produk S-tee, Strategi Bundling, Diskon, Penerapan Strategi Penetration Pricing.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Lafenia Merta
    Date Deposited: 08 Aug 2018 14:09
    Last Modified: 08 Aug 2018 14:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41829

    Actions (login required)

    View Item