Analisis Pertimbangan Hakim Menjatuhkan Pidana Kepada Ibu Melakukan Kekerasan Mengakibatkan Mati Terhadap Anak Kandung Tanpa Ada Saksi yang Mengetahui Secara Langsung (Studi Putusan Nomor 3/Pid.Sus-Anak/2016/PN.Dps)

P, Isnaeni Khasanah (2018) Analisis Pertimbangan Hakim Menjatuhkan Pidana Kepada Ibu Melakukan Kekerasan Mengakibatkan Mati Terhadap Anak Kandung Tanpa Ada Saksi yang Mengetahui Secara Langsung (Studi Putusan Nomor 3/Pid.Sus-Anak/2016/PN.Dps). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (665Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ISNAENI KHASANAH PUTRI. 2018. E0014211. ANALISIS PERTIMBANGAN HAKIM MENJATUHKAN PIDANA KEPADA IBU MELAKUKAN KEKERASAN MENGAKIBATKAN MATI TERHADAP ANAK KANDUNG TANPA ADA SAKSI YANG MENGETAHUI SECARA LANGSUNG (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI DENPASAR NOMOR 3/PID.SUS-ANAK/2016/PN.DPS). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penulisan hukum ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan pidana penjara kepada Ibu yang melakukan kekerasan terhadap anak kandungnya yang mengakibatkan mati dan kesesuaian keterangan Saksi-saksi yang tidak melihat, mendengar dan mengetahui secara langsung Terdakwa melakukan tindak pidana dapat dinilai sebagai alat bukti yang sah sesuai Pasal 1 butir 27 jo Pasal 184 ayat (1) huruf a KUHAP. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat prespiktif dan terapan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan studi kepustakaan dan menggunakan studi kasus berupa Putusan Pengadilan Negeri Denpasar Nomor 3/Pid.Sus-Anak/2016/PN.Dps. Selanjutnya teknik analisis yang digunakan adalah dengan metode deduktif. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa pertimbangan Hakim dalam memutus Perkara Nomor 3/Pid.Sus-Anak/2016/PN.Dps adalah didasarkan pada pertimbangan yuridis dan non yuridis, serta alat-alat bukti dan fakta peristiwa yang ada di persidangan. Keterangan Saksi-saksi yang tidak melihat, mendengar dan mengetahui secara langsung Terdakwa melakukan tindak pidana dapat dijadikan sebagai alat bukti yang sah. Kata Kunci : Pertimbangan Hakim, Kekerasan, Anak File

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Lafenia Merta
    Date Deposited: 07 Aug 2018 15:45
    Last Modified: 07 Aug 2018 15:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41824

    Actions (login required)

    View Item