Pengaruh Penerapan Media Berbasis Discovery Learning ECO AR 1-3 terhadap Pemahaman Konsep Ekologi Siswa SMA

Maryama, Ila (2018) Pengaruh Penerapan Media Berbasis Discovery Learning ECO AR 1-3 terhadap Pemahaman Konsep Ekologi Siswa SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1002Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ila Maryama K4314036. Pengaruh Penerapan Media Berbasis Discovery Learning ECO AR 1-3 Terhadap Pemahaman Konsep Ekologi Siswa SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh penerapan media berbasis discovery learning ECO AR 1-3 terhadap pemahaman konsep ekologi siswa SMA. Penelitian dilakukan menggunakan metode ex post facto dan desain penelitian posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan cluster sampling. Sampel penelitian adalah siswa SMA Negeri 2 Karanganyar yang telah menerima materi ekosistem. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif meliputi analisis data instruen NEP attitude dan knowledge, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t-test. Analisis data dibantu dengan program IBM SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ECO-AR 1-3 meningkatkan pemahaman konsep literasi lingkungan siswa SMA, (2) angket attitude dan knowledge melalui uji normalitas dan uji homogenitas menunjukkan hasil yang baik dan layak sebagai perangkat pembalajaran untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa SMA, (3) hasil independent sample t-test angket attitude dan knowledge menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kata kunci : Augmented Reality (ECO-AR 1-3), Discovery Learning, Literasi Lingkungan, NEP

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Lafenia Merta
    Date Deposited: 07 Aug 2018 15:13
    Last Modified: 07 Aug 2018 15:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41818

    Actions (login required)

    View Item