PENERAPAN MODEL TWO STAY-TWO STRAY DENGAN MEDIA KARTU HURUF DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA DENGAN HURUF JAWA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGWULUH TAHUN AJARAN 2017/2018

Mustaqimah, Hidayatul (2018) PENERAPAN MODEL TWO STAY-TWO STRAY DENGAN MEDIA KARTU HURUF DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA DENGAN HURUF JAWA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGWULUH TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1511Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Hidayatul Mustaqimah. K7114063. PENERAPAN MODEL TWO STAY-TWO STRAY DENGAN MEDIA KARTU HURUF DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA DENGAN HURUF JAWA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGWULUH TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2018. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan model Two Stay-Two Stray dengan media kartu huruf; (2) untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana dengan huruf Jawa; dan (3) untuk mengidentifikasi kendala dan solusi penerapan model Two Stay-Two Stray dengan media kartu huruf dalam peningkatan keterampilan menulis kalimat sederhana dengan huruf Jawa pada siswa kelas V SDN Karangwuluh Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Karangwuluh, sejumlah 19 siswa dengan 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan tes. Validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model Two Stay-Two Stray dengan media kartu huruf dapat dilaksanakan melalui langkah-langkah: (a) persiapan, (b) presentasi guru, (c) kegiatan kelompok, (d) formalisasi, (e) evaluasi kelompok dan penghargaan, (2) penerapan model Two Stay-Two Stray dengan media kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana dengan huruf Jawa bagi siswa kelas V SDN Karangwuluh Tahun Ajaran 2017/2018. Persentase ketuntasan siswa pada siklus I 55,26%, siklus II ketuntasannya 68,42%, dan siklus III ketuntasannya 89,47%, (3) Kendala yang dihadapi dalam penerapan model Two Stay-Two Stray dengan media kartu huruf yaitu: (a) guru belum melaksanakan langkah presentasi guru dan formalisasi; (b) siswa gaduh saat pembentukan kelompok dan kuis; (c) beberapa siswa kurang aktif saat berdiskusi. Solusi dari kendala tersebut yaitu: (a) guru menyampaikan materi sebelum diskusi dilakukan dan melaksanakan evaluasi ketika siswa dalam posisi formal; (b) guru membimbing siswa saat diskusi dan kuis berlangsung; dan (c) guru berkeliling mengecek keaktifan siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Two Stay-Two Stray dengan media kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana dengan huruf Jawa pada siswa kelas V SDN Karangwuluh Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci: Two Stay-Two Stray, kartu huruf, keterampilan menulis ABSTRACT Hidayatul Mustaqimah. K7114063. “THE IMPLEMENTATION OF TWO STAY-TWO STRAY MODEL USING CARD LETTERS JAVA MEDIA IN IMPROVING SIMPLE SENTENCES WRITING SKILLS WITH JAVA LETTERS FOR THE FIVETH GRADE STUDENTS OF SDN KARANGWULUH IN THE ACADEMIC YEAR OF 2017/2018”. Thesis, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University of Surakarta. April 2018. The objectives of this research are: (1) to describe the implementation of Two Stay-Two Stray model using card letters Java media; (2) to improve simple sentences writing skills with Java card; and (3) to identify problems and solution in implementing Two Stay-Two Stray model using card letters Java media in improving simple sentences writing with Java letters for the fiveth grade students of SDN Karangwuluh in the academic year of 2017/2018. This research is collaborative Classroom Action Research (CAR) which carried out within three cycles. Each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. Subject of the research is the fiveth grade students of SDN Karangwuluh, totaling 19 students (9 male and 11 female). Data were collected using techniques such as observation, interviews, and tests. Validity of data in this research was analyzed using triangulation and triangulation techniques. The result show that: (1) the implementation of Two Stay-Two Stray model using card letters Java media can be done through the steps: (a) preparation, (b) teacher presentation, (c) group activities, (d) formalization, (e) group evaluation and rewards, (2) the implementation of Two Stay-Two Stray model using card letters Java media can improve simple sentences writing skills with Java letters for the fiveth grade students of SDN Karangwuluh in the academic year of 2017/2018. The percentage of students in the first cycle completeness 55,26%, cycle II completeness 68,42%, and cycle III completeness 89,47%. (3) The problems encountered in the implementation of Two Stay-Two Stray model using card letters Java media namely: (a) teacher have not implemented teacher presentation and formalization steps, (b) rowdy students during group formation and quiz, (c) some students were less active during the discussion. The solution of these problems, namely: (a) teachers deliver material before discussion is conducted and conduct evaluation when students are in formal positions, (b) teacher guide students during discussions and quizzes, and (c) teacher go around checking student activeness. The conclusion of this research is the implementation of Two Stay-Two Stray model using card letters Java media can improve simple sentences writing skills with Java letters for the fiveth grade students of SDN Karangwuluh in the academic year of 2017/2018. Keywords: Two Stay-Two Stray, card letters, writing skills

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Lafenia Merta
    Date Deposited: 07 Aug 2018 15:09
    Last Modified: 08 Aug 2018 15:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41817

    Actions (login required)

    View Item