Peran Humas Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dalam Meningkatkan Wisatawan Kota Yogyakarta Melalui Kegiatan Eksternal Relations

Destiana, Erika (2018) Peran Humas Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dalam Meningkatkan Wisatawan Kota Yogyakarta Melalui Kegiatan Eksternal Relations. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (430Kb)

    Abstract

    RINGKASAN Erika Destiana, D1615020, Hubungan Masyarakat, 2018, PERAN HUMAS DINAS PARIWISATA KOTA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN WISATAWAN DI KOTA YOGYA MELALUI KEGIATAN EKSTERNAL RELATIONS Kuliah Kerja Media (KKM). KKM mempunyai arti penting bagi mahasiswa dalam pengembangan skill sebagai persiapan memasuki dunia kerja. KKM sebagai media implementasi penerapan materi yang didapat selama perkuliahan serta mengenal dan mempelajari pekerjaan yang berkaitan dengan Public Relations. Penulis Memilih DinasPariwisata Kota Yogyakarta sebagai tempat Pelaksanaan KKM. DinasPariwisata Kota Yogyakarta merupakan perusahaanatauinstansi yang bergerak dibidang pemerintahan. Peran Humas DinasPariwisata Kota Yogyakarta diperlukan dalam menjalin hubungan baik dengan pihak eksternal dari stakeholder maupun tamu kunjungan. Humas DinasPariwisata Kota Yogyakarta memberikan informasi kepada publik eksternal melalui sosialisasipariwisata, event pameran, monitoring tempatwisata, press release, internet website DinasPariwisata Kota Yogyakarta program kemitraan, program bina lingkungan, santunan rutin pada panti asuhan dan hubungan dengan pemerintah. Humas memiliki tanggung jawab atas penyampaian informasi secara lisan, tertulis maupun gambar kepada publik agar publik mempunyai pengertian yang benar tentang organisasi atau perusahaan. Humas DinasPariwisata Kota Yogyakarta memiliki peran penting untuk mendorong kesuksesan dan pencapaian tujuan perusahaan. Humas DinasPariwisata Kota Yogyakarta mempunyai peran penting yaitu membangun hubungan eksternal dengan baik. Berkomunikasi langsung dengan publiknya dalam sosialisasidan eventdengan mengenalkan pariwisata yangada di Kota Yogyakarta olehDinasPariwisata Kota Yogyakarta. Selama pelaksanaan KKM penulis ditempatkan di divisi Pengembangan dan Pembinaan Ekonomi Kreatif yang didalamnya terdapat kegiatan public relations yang sesuai dengan konsentrasi penulis. Dalam pelaksanaan KKM penulis dilibatkan dalam kegiatan sosialisasipembinaan, dokumentasi, membuat press release, event pameran, event dan program kemitraan. KKM dilaksanakan selama dua bulan terhitung sejak tanggal 23 Februari 2018 sampai dengan 1 Mei 2018. Dalam pelaksanaan kegiatan KKM ini penulis dapat menarik kesimpulan bahwa hubungan dengan pihak eksternal itu sangat penting karena menjalin hubungan baik dengan pihak eksternal dalam mencapai kesuksesan dan tujuan perusahaan untuk dikenal publik eksternal. (Kata Kunci : Pihak Eksternal, Peran Humas Eksternal)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Lafenia Merta
    Date Deposited: 07 Aug 2018 13:49
    Last Modified: 07 Aug 2018 13:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41806

    Actions (login required)

    View Item