Penerapan Model Two Stay Two Stray Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Daur Air (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Tegalrejo No. 98 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)

Retnos, Dwi Nurpalupi (2018) Penerapan Model Two Stay Two Stray Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Daur Air (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Tegalrejo No. 98 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (889Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dwi Nurpalupi Retnosari. PENERAPAN MODEL TWO STAY TWO STRAY BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAUR AIR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Tegalrejo No. 98 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Juni 2016. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar daur air dengan penerapan model two stay two stray berbasis eksperimen pada siswa kelas V SDN Tegalrejo No. 98 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Hasil belajar yang dimaksudkan adalah dalam bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Tegalrejo No. 98 Surakarta yang berjumlah 25 siswa dan guru kelas V. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan kajian dokumen. Validitas data diuji dengan validitas isi, trianggulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan model analisis interaktif Miles Huberman yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran two stay two stray berbasis eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar daur air pada siswa kelas V SDN Tegalrejo No.98 Surakarta Tahun Ajaran 2017/ 2018. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan klasikal kognitif siswa sebelum tindakan hanya 32%, pada siklus I 56%, pada siklus II 76%, dan siklus III 96%. Sedangkan peningkatan afektif pada rata-rata nilai sebelum tindakan hanya 1, 04, berada dalam kategori cukup, pada siklus I 1, 43, berada dalam kategori cukup, pada siklus II 1, 82, berada dalam kategori cukup, dan siklus III 2, 09 berada dalam kategori tinggi. Peningkatan psikomotorik pada rata-rata nilai sebelum tindakan hanya 1, 04, berada dalam kategori cukup, pada siklus I 1, 53, berada dalam kategori cukup, pada siklus II 1, 97, berada dalam kategori cukup, dan siklus III 2, 32, berada dalam kategori tinggi. Kata kunci: two stay two stray, eksperimen, hasil belajar, daur air

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Lafenia Merta
    Date Deposited: 07 Aug 2018 13:38
    Last Modified: 08 Aug 2018 15:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41804

    Actions (login required)

    View Item