PENGARUH LERAK PADA BETON RINGAN FOAM TERHADAP KUAT TEKAN, BERAT JENIS DAN DAYA SERAP AIR SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR MATA KULIAH TEKNOLOGI BETON

Arrumy, Davizar Rukman (2018) PENGARUH LERAK PADA BETON RINGAN FOAM TERHADAP KUAT TEKAN, BERAT JENIS DAN DAYA SERAP AIR SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR MATA KULIAH TEKNOLOGI BETON. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (929Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Davizar Rukman Arrumy. PERBEDAAN KUAT TEKAN, BERAT JENIS DAN DAYA SERAP AIR DARI BATA BETON RINGAN FOAM DENGAN KANDUNGAN VOLUME BUSA LERAK 30% DAN 40% SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR MATA KULIAH TEKNOLOGI BETON. Sekripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2018. Tujuan penelitian adalah, (1) mengetahui perbedaan pengunaan busa lerak variasi foam 30% dan 40% dengan perbandingan 1pc:1ps dan 1pc:2ps terhadap kuat tekan bata beton ringan foam, (2) mengetahui perbedaan pengunaan busa lerak variasi foam 30% dan 40% dengan perbandingan 1pc:1ps dan 1pc:2ps terhadap berat jenis bata beton ringan foam, (3) mengetahui perbedaan pengunaan busa lerak variasi foam 30% dan 40% dengan perbandingan 1pc:1ps dan 1pc:2ps terhadap daya serap air bata beton ringan foam, (4) untuk mengetahui nilai maksimal kuat tekan beton ringan foam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif experimen dan teknik analisa data menggunakan analisis T-Test. Variabel yang memperbedakan dalam penelitian adalah (1) variabel terikat: kuat tekan, berat jenis dan daya serap air bata beton ringan foam, (2) varibel bebas: pengganti busa lerak variasi 30% dan 40% dengan perbandingan semen dan pasir 1pc:1ps dan 1pc:2ps. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, (1) terdapat perbedaan antara nilai kuat tekan bata beton ringan foam yang dihasilkan dari penggunaan 30% dan 40% foam lerak dengan perbandingan campuran 1pc:1ps dan 1pc:2ps, (2) terdapat perbedaan antara nilai berat jenis bata beton ringan foam yang dihasilkan dari penggunaan 30% dan 40% foam lerak dengan perbandingan campuran 1pc:1ps dan 1pc:2ps, (3) terdapat perbedaan antara nilai daya serap airbata beton ringan foam yang dihasilkan dari penggunaan 30% dan 40% foam lerak dengan perbandingan campuran 1pc:1ps dan 1pc:2ps, (4) nilai maksimal kuat tekan bata beton ringan foam yang dihasilkan sebesar 6,583 Mpa dari penggunaan variasi busa lerak 30% perbandingan 1pc:1ps. Kata Kunci: busa lerak, bata beton ringan foam, kuat tekan, berat jenis, daya serap air.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Lafenia Merta
    Date Deposited: 07 Aug 2018 12:22
    Last Modified: 07 Aug 2018 12:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41796

    Actions (login required)

    View Item