Keterampilan Menulis Esai Kaitannya dengan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Membaca Berita Online ( Survei pada Siswa Kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Sragen tahun 2017)

Kuswandari, Ary Hunanda (2018) Keterampilan Menulis Esai Kaitannya dengan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Membaca Berita Online ( Survei pada Siswa Kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Sragen tahun 2017). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1006Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: (1) kemampuan berpikir kritis dan keterampilan menulis esai, (2) motivasi membaca berita online dan keterampilan menulis esai, (3) kemampuan berpikir kritis dan motivasi membaca berita online secara bersama-sama dengan keterampilan menulis esai. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gemolong, SMA Negeri 3 Sragen, dan SMA Negeri 1 Gondang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Sragen. Sampel berjumlah 180 orang yang diambil dengan cara stratified cluster random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes keterampilan menulis esai, tes kemampuan berpikir kritis, dan angket motivasi membaca berita online. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik regresi dan korelasi (sederhana dan ganda). Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan keterampilan menulis esai (ry1 = 0,21 pada taraf nyata α = 0,05 dengan N = 180, rt = 0,1455, dan t1 = 2,90 ˃ tt = 1,645); (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi membaca berita online dan keterampilan menulis esai (ry2 = 0,46 pada taraf nyata α = 0,05 dengan N = 180, rt = 0,1455, dan t2 = 6,87 ˃ tt = 1,645); (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan motivasi membaca berita online secara bersama-sama dengan keterampilan menulis esai (Ry12 = 0,51 pada taraf nyata α = 0,05 dengan N = 180, Rt = 0,1455, dan F0 = 31,09 ˃ F1 = 3,0492). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama kemampuan berpikir kritis dan motivasi membaca berita online memberikan sumbangan yang berarti (26%) pada keterampilan menulis esai. Ini menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut dapat menjadi prediktor yang baik bagi keterampilan menulis esai. Kata kunci: keterampilan menulis esai, kemampuan berpikir kritis, motivasi membaca berita online.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Lafenia Merta
    Date Deposited: 07 Aug 2018 11:20
    Last Modified: 07 Aug 2018 11:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41789

    Actions (login required)

    View Item