Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Papan Flanel Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Pandeyan IV Tahun Ajaran 2016/2017

Ningsih, Arum Sulistia (2018) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Papan Flanel Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Pandeyan IV Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (333Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Arum Sulistia Ningsih. K8113011. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI PANDEYAN IV TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui media papan flanel pada anak kelompok B TK Pertiwi Pandeyan IV Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lewin dengan menggunakan pendekatan data kualitatif dan data kuantitatif. Terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan dilaksanakan pada empat tahap yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pertiwi Pandeyan IV Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Sumber data penelitian yaitu guru dan anak. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, sedangkan validitas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan model interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa melalui media papan flanel, anak dapat membilang urutan bilangan 1-20, mencocokan bilangan dengan lambang bilangan, menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan dengan benda sampai 10 sehingga melalui media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B TK Pertiwi Pandeyan IV dari pratindakan sampai siklus II. Pada pratindakan diperoleh ketuntasan kemampuan berhitung permulaan sejumlah 7 anak dari 18 anak atau sebesar 38,8%. Pada siklus I diperoleh ketuntasan kemampuan berhitung permulaan meningkat menjadi 10 anak atau 55,5%. Pada siklus II ketuntasan kemampuan berhitung permulaan menjadi 83,3% atau 15 anak. Berdasarkan uraian di atas, hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B TK Pertiwi Pandeyan IV Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci : Berhitung permulaan, papan flanel, taman kanak-kanak, anak.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Lafenia Merta
    Date Deposited: 07 Aug 2018 11:11
    Last Modified: 07 Aug 2018 11:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41788

    Actions (login required)

    View Item