KAJIAN NEW MEDIA MOTIF, POLA PENGGUNAAN STICKER LINE, DAN KEPUASAN PENGGUNA DI KALANGAN PELAJAR (Studi Korelasi Motif, Pola Penggunaan Sticker LINE Sebagai Media Komunikasi, dan Kepuasan Pengguna di Kalangan Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta)

Widyari, Anindya Aulia (2018) KAJIAN NEW MEDIA MOTIF, POLA PENGGUNAAN STICKER LINE, DAN KEPUASAN PENGGUNA DI KALANGAN PELAJAR (Studi Korelasi Motif, Pola Penggunaan Sticker LINE Sebagai Media Komunikasi, dan Kepuasan Pengguna di Kalangan Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (818Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ANINDYA AULIA WIDYARI, D0214011, KAJIAN NEW MEDIA MOTIF, POLA PENGGUNAAN STICKER LINE, DAN KEPUASAN PENGGUNA DI KALANGAN PELAJAR (Studi Korelasi Motif, Pola Penggunaan Sticker LINE Sebagai Media Komunikasi, dan Kepuasan Pengguna di Kalangan Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta) Saat ini perkembangan teknologi terjadi dengan sangat cepat. Terutama teknologi komunikasi yang semakin canggih dan serba mudah. Kemajuan dalam bidang teknologi komunikasi ini ditandai dengan munculnya smartphone atau telepon pintar. Dengan smartphone segala informasi mulai dari teks, gambar, suara, angka, maupun audio visual dapat diakses dengan mudah dan cepat. Emotikon yang bermula dari penggabungan simbol-simbol yang mampu mewakili perasaan atau emosi dari pengirim pesan, kini telah berkembang menjadi sticker, seperti yang terdapat dalam aplikasi LINE. Pelajar menggunakan aplikasi LINE dengan pola penggunaan LINE yang berbeda dan didorong oleh motif berupa kebutuhan sosial dan psikologis mereka. Pola penggunaan sticker LINE yang berbeda dan motif yang berbeda akan menimbulkan efek tingkat kepuasan yang berbeda pula pada masing-masing penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motif penggunaan sticker LINE dengan pola penggunaannya dan untuk mengetahui hubungan antara pola penggunaan sticker LINE dengan kepuasan penggunanya yaitu kalangan pelajar. Studi ini menggunakan pendekatan Uses and Gratification model Katz, Blumler, dan Gurevitch. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey, dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Dengan rumus Slovin, maka diperoleh sampel sebanyak 162 responden dari populasi sebanyak 272 orang. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode korelasi Tata Jenjang Spearman. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Surakarta dengan sampel siswa kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta. Setelah dilakukan penghitungan jawaban responden yang diperoleh dari kuesioner, hubungan antara motif penggunaan sticker LINE dan pola penggunaan sticker LINE diperoleh nilai rs sebesar 0,467 yang berarti mempunyai hubungan sedang. Sedangkan dalam analisis hubungan antara pola penggunaan sticker LINE dengan kepuasan penggunaan sticker LINE diperoleh nilai rs sebesar 0,487 yang berarti mempunyai hubungan sedang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kepuasan penggunaan sticker LINE oleh siswa tidak selalu bergantung pada pola penggunaannya. Kata kunci: new media, uses and gratification, motif penggunaan sticker LINE, pola penggunaan sticker LINE, kepuasan penggunaan sticker LINE ABSTRACT ANINDYA AULIA WIDYARI, D0214011, STUDY OF NEW MEDIA MOTIVES, LINE STICKER USAGE PATTERN, AND USER SATISFACTION IN STUDENT (Study of Correlation Motives, LINE Sticker Usage Pattern as Communication Media, and User Satisfaction Among Students XI Grade of SMA Negeri 3 Surakarta) Nowadays technological developments happened very quickly. Especially communication technology which is more sophisticated and easy. Progress in the communications field technology are characterized by emergence of smartphones. With a smartphone all information ranging from text, images, sound, numbers, and audio visuals can be accessed easily and quickly. Emoticons that originate from symbols combination that capable of representing the feelings or emotions of the message sender, now develop into stickers, as found in the LINE app. Students used LINE applications with different LINE usage patterns and are motivated by their social and psychological needs. Different usage patterns of LINE stickers and different motive will give different effect level satisfaction on each user. This study aims to knowing the relationship between LINE sticker usage motives with LINE sticker usage patterns and to know the relationship between LINE sticker usage patterns with user satisfaction that is among student. This research approach by Uses and Gratification model of Katz, Blumler, and Gurevitch. This research is quantitative research with survey method, using questionnaire as collecting data. The sampling technique using simple random sampling. With the Slovin formula, obtained a sample of 162 respondents from the population of 272 people. The data collected then be analyzed. Data analysis by using Rank Spearman correlation method. This research was conducted in SMA Negeri 3 Surakarta and take a sample with student XI grader from SMA Negeri 3 Surakarta. Based on the calculation of respondents were obtained through the questionnaire, the correlation between LINE sticker usage motives and LINE sticker usage patterns obtained rs value of 0.467 has a moderate correlation. Meanwhile, in the analysis of the relationship between LINE sticker usage pattern and LINE sticker usage satisfaction obtained rs value of 0.487 which has a moderate correlation. The conclusion in this research is the satisfaction of LINE sticker usage by students do not always depend on usage pattern. Keywords: new media, uses and gratification, LINE sticker usage motivation, LINE sticker usage usage pattern, LINE sticker usage satisfaction

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Lafenia Merta
    Date Deposited: 07 Aug 2018 10:46
    Last Modified: 07 Aug 2018 10:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41785

    Actions (login required)

    View Item