PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI POKOK TEOREMA PYTHAGORAS UNTUK SISWA KELAS VIII MTs AL-FURQON KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018

ADHITAMA, INDRA (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI POKOK TEOREMA PYTHAGORAS UNTUK SISWA KELAS VIII MTs AL-FURQON KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (925Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan bagaimana proses pengembangan multimedia interaktif berbasis Adobe Flash Professional CS6 pada materi pokok teorema Pythagoras yang valid, praktis, dan efektif; dan 2) mengetahui apakah hasil belajar dari pembelajaran pada materi pokok teorema Pythagoras model DL dengan multimedia interaktif lebih baik dari pada tanpa multimedia interaktif. Penelitian pengembangan multimedia interakif ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation) agar multimedia yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif pada tahap pendahuluan, analisis kevalidan dan analisis kepraktisan pada tahap pengembangan media, dan yang terakhir adalah analisis keefektifan pada tahap pengujian media dengan uji-t. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) proses pengembangan multimedia interaktif pada materi pokok teorema Pythagoras model DL guna memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif yaitu dengan mengikuti fase-fase pengembangan model ADDIE. Kriteria valid diperoleh dari hasil evaluasi media dan masukan perbaikan media dari ahli, kriteria praktis diperoleh dari hasil evaluasi media dan masukan perbaikan dari pengguna/siswa, dan kriteria efektif diperoleh dari hasil membandingkan antara hasil belajar siswa pada materi pokok teorema Pythagoras model DL yang menggunakan multimedia interaktif dengan tanpa menggunakan multimedia interaktif. 2) Hasil belajar siswa dari pembelajaran model DL pada materi pokok teorema Pythagoras dengan multimedia interaktif lebih baik dari pada tanpa menggunakan multimedia interaktif.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 26 Jul 2018 20:52
    Last Modified: 26 Jul 2018 20:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41750

    Actions (login required)

    View Item