Eksperimentasi Model Pembelajaran Jigsaw Berbantu Media Adobe Flash pada Materi Bangun Ruang Ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Surakarta Tahun 2017.

PAKHRURROZI, IMAM (2018) Eksperimentasi Model Pembelajaran Jigsaw Berbantu Media Adobe Flash pada Materi Bangun Ruang Ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Surakarta Tahun 2017. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (1211Kb)

    Abstract

    Imam Pakhrurrozi. 2017. Eksperimentasi Model Pembelajaran Jigsaw Berbantu Media Adobe Flash pada Materi Bangun Ruang Ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Surakarta Tahun 2017. Pembimbing: Dr. Imam Sujadi, M.Si. Kopembimbing: Dr. Ikrar Pramudya, M.Si. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Matematika,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, model pembelajaran jigsaw-flash, model pembelajaran jigsaw atau model pembelajaran langsung, (2) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan kecerdasan spasial tinggi, sedang, atau rendah (3) pada masing-masing kategori kecerdasan spasial, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik model pembelajaran jigsaw-flash, jigsaw atau pembelajaran langsung. (4) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa dengan kecerdasan spasial tinggi, sedang, atau rendah, Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3×3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kota Surakarta. Sampel penelitian ini diperoleh dengan cara stratified cluster random sampling. Banyak sampel untuk kelompok eksperimen 1 sebanyak 88 siswa, kelompok eksperimen 2 sebanyak 86 siswa dan kelompok eksperimen 3 sebanyak 88 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes prestasi belajar matematika. Analisis data dengan mengggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dan dilanjutkan uji komparasi ganda dengan menggunakan metode Scheffe. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan: (1) model pembelajar-an jigsaw-flash menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada jigsaw dan langsung, serta model pembelajaran jigsaw menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan pembelajaran langsung, (2) siswa dengan kecerdasan spasial tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa kecerdasan spasial sedang dan rendah, sedangkan siswa dengan kecerdasan spasial sedang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa kecerdasan spasial rendah, (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan kecerdasan spasial tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan spasial sedang dan rendah, serta siswa dengan kecerdasan spasial sedang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan spasial rendah, (4) pada masing-masing kategori kecerdasan spasial, model pembelajaran jigsaw-flash menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada jigsaw dan pembelajaran langsung, serta model pembelajaran jigsaw menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan model pembelajaran langsung. Kata kunci: jigsaw, kecerdasan spasial, prestasi belajar matematika.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 26 Jul 2018 20:37
    Last Modified: 26 Jul 2018 20:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41746

    Actions (login required)

    View Item