UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR LOKOMOTOR DENGAN PERMAINAN HALANG RINTANG PADA MURID KELOMPOK A TK ABA THOYIBAH BANYUANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017

N, HARRINANIE (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR LOKOMOTOR DENGAN PERMAINAN HALANG RINTANG PADA MURID KELOMPOK A TK ABA THOYIBAH BANYUANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (503Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar lokomotor anak dengan permainan halang rintang pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lewin yang dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Sumber data yang digunakan yaitu guru dan anak. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes yang berupa unjuk kerja. Validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, sedangkan validitas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan gerak dasar lokomotor anak melalui metode permainan halang rintang dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Peneltian ini menunjukkan peningkatan kemampuan gerak dasar lokomotor pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 56% dan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal kemampuan gerak dasar lokomotor sebanyak 83%. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan anak dalam berlari, melompat dan meloncat tepat pada sasaran . Berdasarkan uraian diatas, hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode permainan halang rintang dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar lokomotor pada anak usia 4-5 tahun.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 26 Jul 2018 19:01
    Last Modified: 26 Jul 2018 19:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41734

    Actions (login required)

    View Item