PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-LEARNING BERBASIS EDMODO UNTUK PEMBELAJARAN GEOGRAFI DALAM MEMAHAMI MATERI PENGINDERAAN JAUH KELAS X SMA PGRI 1 TAMAN TAHUN AJARAN 2017/2018

INDRIANI, FITRI (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-LEARNING BERBASIS EDMODO UNTUK PEMBELAJARAN GEOGRAFI DALAM MEMAHAMI MATERI PENGINDERAAN JAUH KELAS X SMA PGRI 1 TAMAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (1919Kb)

    Abstract

    Fitri Indriani. 2017. Pengembangan Bahan Ajar E-learning Berbasis Edmodo untuk Pembelajaran Geografi dalam Memahami Materi Penginderaan Jauh Kelas X SMA PGRI 1 Taman Tahun Ajaran 2017/2018.Tesis. Pembimbing : Prof. Dr. Sigit Santoso, M.Pd. Kepembimbing : Dr. Sarwono, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui kondisi bahan ajar materi penginderaan jauh; 2) mengetahui kesiapan siswa dan guru terhadap e-learning; 3) mengetahui kriteria bahan ajar e-learning yang diinginkan oleh siswa dan guru dalam pembelajaran pada materi penginderaan jauh; 4) Mengembangkan Bahan ajar e-learning berbasis edmodo materi penginderaan jauh; 5) mengetahui efektivitas hasil pengembangan terhadap hasil belajar siswa dalam memahami materi penginderaan jauh di SMA PGRI 1 Taman. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall dengan tahapan yaitu : 1) penelitian produk yang sudah ada; 2) penelitian lapangan; 3) pembuatan produk; 4) pengujian internal produk; 5) revisi produk 1; 6) uji coba terbatas; 7) revisi produk 2; 8) uji lapangan utama; 9) revisi produk 3. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif deskriptif, dan statistik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa : 1) Bahan ajar geografi pada materi penginderaan jauh masih ditemukan beberapa kesalahan; 2) Siswa dan Guru telah menunjukan kesiapan dalam e-learning, tetapi ada kendala dalam akses komputer dan koneksi internet; 3) Siswa dan guru masih membutuhkan penggunaan metode ceramah dan setuju dengan pembuatan bahan ajar elektronik sebagai penunjang pembelajaran e-learning dalam edmodo; 4) Bahan ajar e-learning berbasis edmodo materi penginderaan jauh telah dikembangkan meliputi e-modul, power point, dan video dengan pembelajaran online melalui edmodo; 5) Bahan ajar elearning berbasis edmodo materi penginderaan jauh yang telah dikembangkan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Kata kunci : Bahan ajar geografi, e-learning, penginderaan jauh

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 26 Jul 2018 18:42
    Last Modified: 26 Jul 2018 18:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41729

    Actions (login required)

    View Item