Mekanisme Kerja Media Planner Dalam Produksi Iklan Di Dini Media Pro Yogyakarta

APRILIA W, DWI (2018) Mekanisme Kerja Media Planner Dalam Produksi Iklan Di Dini Media Pro Yogyakarta. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (685Kb)

    Abstract

    RINGKASAN DWI APRILIA WAHYUNINGTIYAS, D1315020, PERIKLANAN, MEKANISME KERJA MEDIA PLANNER DALAM PRODUKSI IKLAN DI DINI MEDIA PRO YOGYAKARTA 2018. Kuliah Kerja Media (KKM) adalah program yang selalu diadakan oleh Diploma III Komunikasi Terapan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta sebagai salah satu syarat memperoleh gelar Ahli Madya di bidang Periklanan. Penulis melaksanakan Kuliah Kerja Media di perusahaan iklan Dini Media Pro Yogyakarta selama dua bulan enam hari, mulai tanggal 19 Februari 2018 s/d 25 April 2018. Penulis mengambil bidang Media Planner karena dalam produksi iklan, seorang Media Planner memiliki peran yang juga penting, yaitu bertugas menentukan media yang tepat dan harga yang pas untuk digunakan calon klien beriklan. Penulis juga memiliki alasan mengambil judul tersebut karena, untuk mengetahui bagaimana mekanisme kerja seorang Media Planner dalam produksi iklan di sebuah biro iklan, khususnya di Dini Media Pro Yogyakarta. Dini Media Pro merupakan sebuah biro iklan bersifat multi usaha, meliputi : Advertising, Publishing, dan Event Organizing, yang berada di Bantul Yogyakarta. Dalam melaksanakan Kuliah Kerja Media, penulis mendapatkan tugas diantaranya, menghitung biaya iklan di beberapa koran dan majalah, membuat surat penawaran, mencari data relasi, menawarkan iklan kolektif kepada calon klien dan relasi, berkomunikasi dengan calon klien dan relasi, membuat surat perjanjian, membuat surat INVOICE, bahkan bertemu langsung dengan calon klien dan relasi. Penulis juga mendapatkan banyak hal ketika Kuliah Kerja Media di Dini Media Pro Yogyakarta antara lain, mengetahui tentang sistem kerja yang ada di sebuah biro iklan khususnya di Dini Media Pro Yogyakarta, mengerti arti sebuah kerjasama tim, menambah wawasan dan pengalaman di dunia periklanan, terutama dalam bidang Media Planner, mengetahui rumus untuk menghitung harga iklan dari media cetak koran dan majalah, dan semakin mengerti tugas dari seorang Media Planner dalam produksi iklan di biro iklan, khususnya di Dini Media Pro Yogyakarta. Kata Kunci : Kuliah Kerja Media, Media Planner, Produksi Iklan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 26 Jul 2018 16:57
    Last Modified: 26 Jul 2018 16:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41719

    Actions (login required)

    View Item