Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality ECO-AR 1-3 terhadap Peningkatan Dimensi Ecological Knowledge dalam Konsep Literasi Lingkungan

FERANITA, DESSY (2018) Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality ECO-AR 1-3 terhadap Peningkatan Dimensi Ecological Knowledge dalam Konsep Literasi Lingkungan. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (618Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran Augmented Reality ECO-AR 1-3 terhadap peningkatan dimensi ecological knowledge dalam konsep literasi lingkungan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian menggunakan post only group design, Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster sampling. Sampel kelas X MIPA sebanyak 32 siswa dan kelas XI MIPA sebanyak 31 siswa. Pembelajaran dilaksanakan pada kelas X MIPA dengan menggunakan media pembelajaran Augmented Reality ECO-AR 1-3. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada capaian dimensi ecological knowledge dalam konsep literasi lingkungan pada kelas yang menggunakan media pembelajaran Augmented Reality ECO-AR 1-3 dengan kelas yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Hasil analisis statistik menunjukkan capaian dimensi ecological knowledge dalam konsep literasi lingkungan pada kelas yang menggunakan media pembelajaran Augmented Reality ECO-AR 1-3 memiliki rata-rata lebih tinggi dibanding kelas yang menggunakan media pembelajaran konvensional.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 26 Jul 2018 16:18
    Last Modified: 26 Jul 2018 16:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41705

    Actions (login required)

    View Item