Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Dengan Kemampuan Sosialisasi Anak TK Kelompok B Se-Gugus V Kecamatan Wonosegoro Boyolali

NUR ELVIANI, DEWI (2018) Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Dengan Kemampuan Sosialisasi Anak TK Kelompok B Se-Gugus V Kecamatan Wonosegoro Boyolali. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (736Kb)

    Abstract

    HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH OTORITER DENGAN KEMAMPUAN SOSIALISASI ANAK TK KELOMPOK B SE-GUGUS V KECAMATAN WONOSEGORO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016 / 2017 Dewi Nur Elviani1, Adriani Rahma Pudyaningtyas1) ,Warananingtyas Palupi1) 1Program Studi PG-PAUD, Universitas Sebelas Maret Email : 1)dewinurelviani@gmail.com, 1)palupi@fkip.uns.ac.id, 1)rinz_sweetz@yahoo.com ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara pola asuh otoriter orang tua dengan kemampuan sosialisasi anak TK Kelompok B se-Gugus V Kecamatan Wonosegoro, Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK Kelompok B se-Gugus V Kecamatan Wonosegoro, Boyolali yaitu 110 anak dan 110 orang tua. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling yaitu sebanyak 84 anak dan 84 orang tua. Penelitian ini menggunakan metode korelasi kuantitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk data pola asuh otoriter orang tua dan kemampuan sosialisasi anak. Analisis data menggunakan uji korelasi pearson dengan bantuan program SPSS fo Windows dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara pola asuh otoriter orang tua dengan kemampuan sosialisasi anak. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai sebesar 0.000 < α = 0.05 maka H1 diterima, artinya terdapat hubungan antara pola asuh otoriter orang tua dengan kemampuan sosialisasi anak. Hubungan ini ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar -0.376 yang termasuk kategori rendah (0.20 – 0.399), artinya antara pola asuh otoriter orang tua dengan kemampuan sosialisasi anak mempunyai hubungan negatif rendah. Kata Kunci : pola asuh otoriter, kemampuasn sosialisai, anak taman kanak-kanak. ABSTRACT: This study aims to examine there lationship between authoritarian parenting by parents with the socialization ability of kindergarten children of Group B of Cluster V Wonosegoro District, Boyolali. The population in this research was all kindergarten children of Group B of Cluster V Wonosegoro Sub-district, Boyolali which was 110 children and 110 parents. The sampling in this study used random sampling as many as 84 children and 84 parents. This research used quantitative correlation method. The data collection was conducted by questionnair etechnique forthe data of authoritarian parenting by parents and socialization ability of children. The data analysis was using Pearson correlation test by using SPSS program of Windows with the level of significance 0,05. The results showed that there was a negative relationship between authoritarian parenting by parents with the socialization ability of the children. From the calculation result was obtained the value of 0.000 <α = 0.05 then H 1 accepted, which meant that there was a relationship between parenting authoritarian parents with the socialization ability of children. This relationship was indicated by a correlation of - 0,376 were lower category (0.20 - 0.399), it meant that between the authoritarian parenting by parents with children’s socializations kills has a negative correlation with low value. Keywords: authoritarian parenting, socialization ability, kindergarten children.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 26 Jul 2018 16:06
    Last Modified: 26 Jul 2018 16:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41702

    Actions (login required)

    View Item