PEMANFAATAN E-DDC (Electronic-Dewey Decimal Classification) DALAM PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI KANTOR DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH WONOGIR

OKTAVIA N, CINTIA (2018) PEMANFAATAN E-DDC (Electronic-Dewey Decimal Classification) DALAM PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI KANTOR DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH WONOGIR. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (114Kb)

    Abstract

    Kecepatan perubahan dan penambahan informasi menyebabkan dibutuhkannya suatu strategi yang dapat digunakan untuk mengakses dan mendapatkan berbagai informasi secara cepat dan tepat. Perpustakaan merupakan salah satu wadah atau tempat yang sangat penting dalam melakukan pencarian informasi. Keberadaan Perpustaakan masih dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarat. Masyarakat masih belum menyadari peran penting Perpustakaan. Perpustakaan lebih dari sekedar bangunan yang berisi tumpukan buku. Perpustakaan merupakan ruangan yang berisi buku-buku koleksi, yang diatur dan disusun sedemikian rupa, sehingga mudah untuk dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan oleh pembaca (Sutarno NS, 2006:11). Ditinjau dari UU No. 43 Tahun 2007 (Pasal 1) Perpustakaan adalah pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara professional dengan system yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka. Dengan demikian, bahan pustaka yang ada di perpustakaan harus diolah dan diatur secara professional, untuk mempermudah pemustaka melakukan penelusuran informasi. Pengolahan bahan pustaka merupakan salah satu inti dari tugas perpustakaan. Bahan pustaka yang masuk ke perpustakaan diolah dengan baik agar proses temu kembali informasi nantinya berjalan lancar dan mewujudkan tertib administrasi. Dalam pelaksanaannya, proses pengolahan bahan pustaka ini dapat berbeda-beda urutan kegiatan atau alur prosesnya antara perpustakaan satu dengan yang lainnya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Perpustakaan
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 26 Jul 2018 14:04
    Last Modified: 26 Jul 2018 14:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41697

    Actions (login required)

    View Item