Analisis Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi serta Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra di SMA

EVISTA, BELLA (2018) Analisis Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi serta Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra di SMA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (830Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Latar belakang penciptaan novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi, (2) Aspek sosial budaya yang terdapat dalam novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi, (3) Nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi, (4) Relevansi hasil tinjauan sosial budaya dan nilai pendidikan karakter novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi sebagai materi pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif. Data diperoleh dalam penelitian ini berupa data kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen dan informan. Sampel penelitian yang digunakan adalah sampel cuplikan atau purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen dan wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan teori. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, displai data dan simpulan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa: (1) latar belakang penciptaan novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi yaitu mengangkat cerita tentang romantisme kampung halaman dan kritik sosial bagi perubahan suatu daerah; (2) aspek sosial budaya dalam novel Anak Rantau terdiri dari bentuk desa, sistem kekerabatan, sistem kemasyarakatan, pekerjaan, religi dan modernisasi; (3) nilai pendidikan karakter dalam novel Anak Rantau meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab; (4) novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran sastra dan memenuhi kriteria kelayakan buku non teks yang dijadikan sebagai materi ajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 26 Jul 2018 13:37
    Last Modified: 26 Jul 2018 13:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41690

    Actions (login required)

    View Item