PENGARUH INSTRUMEN DANA PERIMBANGAN DAN BELANJA MODAL TERHADAP KUALITAS PEMBANGUNAN MANUSIA (Studi pada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Pulau Sulawesi Tahun 2016)

, ARIYANTO (2018) PENGARUH INSTRUMEN DANA PERIMBANGAN DAN BELANJA MODAL TERHADAP KUALITAS PEMBANGUNAN MANUSIA (Studi pada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Pulau Sulawesi Tahun 2016). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (1113Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Instrumen Dana Perimbangan, yaitu Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), dan, Dana Bagi Hasil, serta Belanja Modal terhadap kualitas pembangunan manusia. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa Laporan Realisasi Anggaran Kabupaten/ Kota tahun 2016 serta Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten/ Kota tahun 2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah pemerintah kabupaten dan kota di Pulau Sulawesi. Metode penelitian yang dipakai adalah metode sensus yang mengambil seluruh data sebagai sampel. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan alat analisis regresi berganda (multiple regression). Hasil dari pengujian statistik dalam penelitian ini menunjukkan bahwa DBH berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pembangunan manusia. DAU, DAK, dan Belanja Modal tidak berpengaruh terhadap kualitas pembangunan manusia. Kata Kunci; Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Bagi Hasil (DBH), Belanja modal, dan kualitas pembangunan manusia.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 26 Jul 2018 12:59
    Last Modified: 27 Jul 2018 17:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41684

    Actions (login required)

    View Item