Pengembangan Model Pembelajaran Daring Bahasa Korea Dasar di SEAMOLEC

SUSANTY, ARIE (2018) Pengembangan Model Pembelajaran Daring Bahasa Korea Dasar di SEAMOLEC. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (183Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mendeskripsikan pembelajaran bahasa Korea yang dilaksanakan di SEAMOLEC; 2) untuk mendeskripsikan pengembangan pembelajaran yang memberikan keleluasaan waktu dan tempat bagi pemelajar bahasa Korea di SEAMOLEC; 3) untuk mengetahui hasil pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan pada pelatihan bahasa Korea di SEAMOLEC. Penelitian ini dilakukan berdasarkan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Studi lapangan dilakukan pada kegiatan pembelajaran tatap muka yang dilakukan oleh SEAMOLEC. Kegiatan yang dilakukan dalam tahap ini termasuk; 1) analisis kebutuhan peserta didik; 2) kebutuhan pengajar; 3) analisis proses pembelajaran dalam mode tatap muka; 4) analisis perangkat pembelajaran yang terdiri dari desain, silabus, instrumen evaluasi; 5) analisis materi pembelajaran. Teknik deskriptif kualitatif digunakan untuk membandingkan kondisi yang diharapkan dengan kondisi terkini. Setelah kebutuhan pengembangan yang sebenarnya telah diidentifikasi, pengembangan silabus serta pemetaan program dilakukan untuk memberikan pedoman dalam pengembangan konten dan mengunggah konten pembelajaran ke dalam kelas maya/virtual. Proses validasi oleh para ahli terutama ahli pembelajaran jarak jauh yang dilakukan untuk mendapatkan tinjauan yang layak. Produksi bahan pembelajaran dilakukan dengan mengumpulkan materi yang relevan dan sumber daya pendukung untuk pengembangan pembelajaran. Uji coba dilaksanakan dalam 1 (satu) bulan pembelajaran. Dari penelitian dihasilkan: 1) deskripsi pelaksanaan pembelajaran sebelum uji coba model pembelajaran cenderung bersifat konvensional dan kurang interaktif, sehingga kompetensi yang dimiliki peserta tidak bisa dimaksimalkan pencapaiannya; 2) draft model pembelajaran daring Bahasa Korea dasar yang dikembangkan dalam sebuah social learning network yang dapat diakses dimana saja dengan akses internet, tutor dan peserta dapat berbagai ide atau gagasan, berbagi file, penugasan, penilaian, serta diskusi; 3) model pembelajaran daring Bahasa Korea dasar efektif meningkatkan kemampuan pengenalan huruf Hangeul berdasarkan hasil N-gain score sebesar 0,60 yang menunjukan kategori sedang. Kata kunci: pembelajaran jarak jauh, daring, Bahasa Korea, social, learning, network

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Teknologi Pendidikan S-2
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 26 Jul 2018 12:57
    Last Modified: 27 Jul 2018 17:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41683

    Actions (login required)

    View Item