Perancangan Buku Cerita Interaktif sebagai Media Pembelajaran untuk Anak Usia 3-5 Tahun

YENITA, ANNISA (2018) Perancangan Buku Cerita Interaktif sebagai Media Pembelajaran untuk Anak Usia 3-5 Tahun. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (677Kb)

    Abstract

    Anak adalah investasi dan generasi harapan penerus bangsa dimasa yang akan datang. Oleh karena itu, anak perlu dikondisikan agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan dididik sebaik mungkin agar dimasa depan dapat menjadi generasi penerus yang berkarakter serta berkepribadian baik (Mardiya, 2000: 10) Periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa balita, karena pada masa ini terjadi pertumbuhan dan perkembangan dasar yang mempengaruhi perkembangan selanjutnya. Terkait dengan tumbuh kembang anak, para ahli psikologi perkembangan sepakat bahwa usia balita adalah “The Golden Age” atau masa emas dalam tahap perkembangan hidup manusia. Dikatakan masa emas, karena pada masa ini tidak kurang 100 milyar sel otak siap untuk distimulasi agar kecerdasan seseorang dapat berkembang secara optimal dikemudian hari. Dalam banyak penelitian, menunjukkan kecerdasan anak usia 0-4 tahun terbangun 50% dari total kecerdasan yang akan dicapai pada usia 18 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa usia 4 tahun pertama adalah masa-masa paling menentukan dalam membangun kecerdasan anak disbanding masa-masa sesudahnya. Artinya apabila pada usia tersebut tidak mendapat rangsangan yang maksimal maka potensi tumbuh kembanganak tidak akan teraktualisasikan secara optimal (Anik Rahmani Yudhastawa, 2005: 10) “Keluarga adalah lingkungan yang pertama dan utama dikenal oleh anak. “ (Mardiya, 2000: 10). Lingkungan keluarga yang membentuk watak dan kepribadian anak, yang sekaligus akan mempengaruhi perkembangan anak dimasa depan. Orang tua merupakan figur¬ atau contoh yang akan selalu ditiru oleh anak-anaknya. Oleh karena itu, orang tua harus mampu memberi contoh yang baik pada anak-anaknya, memberi pengasuhan yang benar serta mencukupi kebutuhan-kebutuhan dalam batasan yang wajar. Dengan memainkan peranan yang benar dalam mendidik anak dan mengasuh anak, anak akan tumbuh dan berkembang secara optimal. Dan tidak kalah pentingnya, anak akan tumbuh menjadi anak yang berkarakter dan menjadi anak yang berkepribadian baik sebagai aset generasi penerus bangsa dimasa depan. Dimasa yang serba canggih seperti sekarang ini, banyak anak-anak yang sudah akrab dengan gadget. Sebuah studi tahun 2014 oleh Children’s Digital Media Center dari University of California, Los Angeles menunjukkan bahwa ketika kesibukan bermain gadget mengalahkan kesempatan interaksi tatap-muka, keterampilan sosial anak mungkin dapat terpengaruh secara negatif, dan ini mungkin akan membutakan mereka dari pemahaman emosi orang lain, wawasan, empati, cara mengetahui diri mereka sendiri, dan keterlibatan dalam hubungan antar manusia yang sehat. Kecerdasan sosial dan emosional sangat penting untuk kesuksesan dalam hidup. Para ahli mengutarakan, walaupun dampak dari televisi dan video pada anak-anak sudah dipahami dengan baik, namun pemahaman masyarakat tentang perangkat mobile pada anak pra-sekolah masih kurang. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan media pembelajaran yang tidak kalah menyenangkan dengan permainan di gadget, yang lebih aman dan cocok untuk anak usia 3-5 tahun. Media pembelajara ini berupa buku cerita bergambar interaktif. Selain sebagai media pendidikan, media ini juga diharapkan dapat melatih kemampuan motorik anak, karena buku ini juga dilengkapi dengan aktivitas-aktivitas yang menyenangkan, dan diharapkan dengan media buku interaktif ini dapat meningkatkan kedekatan hubungan orang tua dengan anak. Hal ini mendorong penulis untuk membuat buku cerita interaktif untuk anak usia 3-5 tahun tentang pendidikan budi pekerti. Penulis berharap anak-anak mampu mencontoh perilaku yang baik yang ada di dalam buku cerita interaktif ini. Karena mentrasfer ilmu dan cara belajar yang menyenangkan tidak musti melalui sekolah, tetapi juga bisa melalui buku yang dibacakan. Diharapkan pula, buku cerita interaktif ini dapat menjadi jembatan antara orang tua dan anak untuk berkomunikasi secara hangat, positif, dan efektif. Dari uraian di atas, penulis menyimpulkan untuk mengangkat judul “Perancangan Buku Cerita Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia 3-5 Tahun”.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Desain Komunikasi Visual
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 26 Jul 2018 12:19
    Last Modified: 26 Jul 2018 12:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41679

    Actions (login required)

    View Item