PERANCANGAN DESAIN USER INTERFACE APLIKASI MATUR IBU SEBAGAI LAYANAN PENGADUAN ONLINE KABUPATEN KLATEN

Hidayah R P, Anindya (2018) PERANCANGAN DESAIN USER INTERFACE APLIKASI MATUR IBU SEBAGAI LAYANAN PENGADUAN ONLINE KABUPATEN KLATEN. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (1118Kb)

    Abstract

    Seiring dengan meningkatnya perkembangan diberbagai aspek yang ada di Indonesia, tingkat permasalahan pun kian bertambah. Hal ini perlu diimbangi dengan peran serta masyarakat untuk turut dalam penyampaian aspirasi maupun keluhan yang ada di lingkungan sekitar. Seperti yang dijelaskan melalui Permenpan No. 13 Tahun 2009, pemerintah telah menetapkan Pedoman Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dengan Partisipasi Masyarakat. Pelayanan publik saat ini diwujudkan dalam bentuk layanan pengaduan masyarakat berbasis online. Begitu juga dengan Kab. Klaten yang memfasilitasi masyarakat melalui sebuah website, twitter, dan email sebagai layanan pengaduan online. Layanan yang bernama MATUR IBU tersebut diharapkan dapat menjadi sebuah jembatan bagi masyarakat dalam melaporkan berbagai permasalahan, seperti pelayanan publik, sosial, ekonomi, infrastruktur dll. Namun dalam penggunaannya, ketiga media tersebut mempunyai kelemahan, seperti twiter dan email yang kurang efektif, hingga dengan website yang juga mempunyai berbagai kelemahan, mulai dari visual yang kurang menarik, kurang responsif hingga keterbatasan fitur dalam website. Jika kendala tersebut tidak diperbaiki, masyarakat yang ingin melapor aduan akan merasa kesulitan dan kurang aware terhadap website MATUR IBU. Menurut data Rekapitulasi Aduan Masyarakat melalui website MATUR IBU, terjadi penurunan sejumlah 5% dari tahun 2016 ke tahun 2017. Berdasarkan permasalahan tersebut, aplikasi smartphone bisa digunakan sebagai upaya alternatif daripada website agar MATUR IBU bisa dijadikan media utama dalam pengaduan masalah oleh masyarakat Klaten. Pendekatan lain yang terdapat dalam fitur aplikasi smartphone itu salah satunya dengan memberikan reward kepada para pelapor sebagai upaya meningkatkan aware masyarakat. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis ingin membuat Perancangan Desain User Interface Aplikasi MATUR IBU sebagai Layanan Pengaduan Online Kab. Klaten guna memberi kemudahan kepada para pengguna dalam mengakses informasi yang lebih lengkap dan praktis, beserta media promosi aplikasi agar masyarakat luas bisa mengetahui aplikasi tersebut secara menyeluruh.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Desain Komunikasi Visual
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 26 Jul 2018 12:04
    Last Modified: 26 Jul 2018 12:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41673

    Actions (login required)

    View Item