HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN ANALISIS DAN KEMAMPUAN MATEMATIK DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA (Pokok Bahasan Larutan Penyangga Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 2 Wonogiri Tahun Ajaran 2017/2018)

PAMBAYUN DIMAS SATRIO WIBOWO, ANGGER (2018) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN ANALISIS DAN KEMAMPUAN MATEMATIK DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA (Pokok Bahasan Larutan Penyangga Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 2 Wonogiri Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (801Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Angger Pambayun Dimas Satrio Wibowo. K3311006. HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN ANALISIS DAN KEMAMPUAN MATEMATIK DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA (Pokok Bahasan Larutan Penyangga Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 2 Wonogiri Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara kemampuan analisis siswa dengan hasil belajar kimia pada materi larutan penyangga; (2) hubungan antara kemampuan matematik siswa dengan hasil belajar kimia pada materi larutan penyangga; dan (3) hubungan antara kemampuan analisis dan kemampuan matematik dengan hasil belajar kimia pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi sederhana dan korelasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 7 SMA Negeri 2 Wonogiri tahun ajaran 2017/2018 yang diambil dengan metode One-Stage Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) dokumentasi nilai ulangan harian asam basa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Wonogiri tahun ajaran 2017/2018; (2) instrumen tes untuk mengukur kemampuan analisis, matematik, dan hasil belajar kognitif materi larutan penyangga. Analisis data untuk uji statistik parametrik korelasi product moment digunakan pada hipotesis pertama kemampuan analisis dan hasil belajar kognitif, hipotesis kedua kemampuan matematik dan hasil belajar kognitif, serta analisis dua prediktor digunakan pada hipotesis ketiga kemampuan analisis dan kemampuan matematik dengan hasil belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan analisis dengan hasil belajar kognitif materi larutan penyangga tergolong sangat kuat dengan persamaan garis regresinya Y = 63,38 + 0,11X1. Hal ini berdasarkan dari nilai yang didapatkan rhitung = 0,814 > rtabel = 0,442 dengan besar sumbangan 66,2%; (2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan matematik dengan hasil belajar kognitif materi larutan penyangga tergolong kuat dengan persamaan garis regresinya Y = 61,18 + 0,17X2. Hal ini berdasarkan dari nilai yang didapatkan rhitung = 0,799 > rtabel = 0,442 dengan besar sumbangan 63,8%; dan (3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan analisis dan kemampuan matematik dengan hasil belajar kognitif materi larutan penyangga dengan persamaan garis regresinya Y = 26,51 + 0,56X1 + 0,18X2. Hal ini berdasarkan dari harga yang didapatkan Fhitung = 29,546 > Ftabel = 3,32. Besarnya sumbangan relatif kemampuan analisis terhadap hasil belajar kognitif materi larutan penyangga adalah 81,6% dan kemampuan matematik 18,4% dan berbanding lurus dengan sumbangan efektifnya yaitu kemampuan matematik 12,2% dan kemampuan analisis 54,1%. Kata Kunci: Analisis Regresi, Hasil Belajar, Kemampuan Analisis, Kemampuan Matematis, Korelasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 26 Jul 2018 11:59
    Last Modified: 26 Jul 2018 11:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41671

    Actions (login required)

    View Item