Tinjauan Yuridis Tenaga Pendidik Non-PNS dan Dosen Purna Tugas PNS di Universitas Sebelas Maret (Berdasar Peraturan Rektor UNS Nomor 569 Tahun 2016)

Vena Rahadian, Alba (2018) Tinjauan Yuridis Tenaga Pendidik Non-PNS dan Dosen Purna Tugas PNS di Universitas Sebelas Maret (Berdasar Peraturan Rektor UNS Nomor 569 Tahun 2016). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (40Kb)

    Abstract

    ALBA VENA RAHADIAN. E0014016. 2018. TINJAUAN YURIDIS ATAS TENAGA PENDIDIK NON PEGAWAI NEGERI SIPIL DAN DOSEN PURNA TUGAS PEGAWAI NEGERI SIPIL DI UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA (Berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Sebelas Maret Nomor 569 Tahun 2016 Tentang Dosen Non Pegawai Negeri Sipil dan Dosen Purna Tugas Pegawai Negeri Sipil Universitas Sebelas Maret). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesesuaian manajemen kepegawaian khususnya rekruitmen, penugasan dan pemberian hak-hak tenaga pendidik non-PNS dan tenaga pendidik Purna Karya PNS UNS di Universitas Sebelas Maret dengan peraturan Peraturan Rektor UNS Nomor 569 Tahun 2016, selain itu penelitian ini juga mengkaji tentang kendala-kendala dalam melaksanakan tugas sebagai tenaga pendidik non-PNS UNS serta solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris atau nondoctrinal reaserch. Lokasi penelitian yaitu di Universitas Sebelas Maret Surakarta, Jenis dan sumber data penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peraturan yang dibuat oleh pihak Universitas Sebelas Maret mengenai tenaga Pendidik non-PNS dalam Peraturan Rektor Nomor 569 Tahun 2016 sudah sesuai dengan Teori Keadilan. Kendala-kendala yang dialami oleh tenaga pendidik non-PNS di UNS antara lain adalah ketidakjelasan peraturan yang dibuat oleh pimpinan sehingga menyebabkan peraturan tersebut surut dan merugikan, selain itu juga ada hak-hak yang tidak dibayarkan seperti tunjangan fungsional dan sertifikasi dosen. Solusi dari permasalahan tersebut dengan menghilangkan lack antara pembuat peraturan dengan teknis pelaksana peraturan, serta sosialisasi peraturan antara pembuat peraturan, pelaksana dan jika ada peraturan baru agar tidak terjadi ketidakjelasan peraturan yang akibatnya dapat merugikan. Kata Kunci : Tenaga Pendidik Non-PNS, Tenaga Pendidik Purna Tugas PNS UNS, Universitas Sebelas Maret, Teori Keadilan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 26 Jul 2018 11:39
    Last Modified: 26 Jul 2018 11:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41665

    Actions (login required)

    View Item