Bimbingan kelompok dengan permainan outbound untuk meningkatkan sikap kepemimpinan pada peserta didik kelas XI jurussan TPMI SMK Ganesha Tama Boyolali tahun ajaran 2017/2018

TRISUNU, RIDWAN (2018) Bimbingan kelompok dengan permainan outbound untuk meningkatkan sikap kepemimpinan pada peserta didik kelas XI jurussan TPMI SMK Ganesha Tama Boyolali tahun ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (801Kb)

    Abstract

    Ridwan Trisunu. Bimbingan Kelompok dengan Permainan Outbound untuk Meningkatkan Sikap Kepemimpinan pada Peserta Didik Kelas XI Jurusan TPMI SMK Ganesha Tama Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan bimbingan kelompok dengan metode permainan outbound untuk meningkatkan sikap kepemimpinan pada peserta didik kelas XI jurusan TPMI SMK Ganesha Tama Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi experimental Design). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI jurusan TPMI SMK Ganesha Tama Boyolali 2017/2018 yang memiliki indikator sikap kepemimpinan yang rendah. Subjek penelitian berjumlah 39 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen terdiri dari 20 peserta didik dan kelompok kontrol 19 peserta didik. Treatment yang digunakan adalah dengan permainan outbound. Permainan Outbound adalah suatu bentuk kegiatan yang terdiri beberapa jenis permainan yang di dalamnya terdapat banyak sekali manfaat bagi perkembangan individu maupun kelompok. Treatment dilaksanakan sebanyak dua pertemuan. Subjek di bagi menjadi empat kelompok dengan anggota masing-masing 5 orang Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik statistik nonparametrik Mann Whitney. Hasil analisis diperoleh dengan Asymp. sig (2-tailed) 0.000 < 0.05 menunjukan adanya perbedaan hasil posttest kelompok eksperimen yang diberi treatment permainan outbound dengan kelompok kontrol yang tidak diberi treatment. Hasil tersebut dapat dimaknai bahwa dipermainan outbound efektif untuk meningkatkan sikap kepemimpinan pada peserta didik kelas XI jurusan TPMI SMK ganesha Tama Boyolali.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 16 Jul 2018 20:58
    Last Modified: 16 Jul 2018 20:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41643

    Actions (login required)

    View Item