PENTINGNYA PENERJEMAH BAHASA MANDARIN DALAM UPAYA MEMPERLANCAR KOMUNIKASI ANTARA OPERATOR TIONGKOK DAN INDONESIA DI DIVISI DCS (DISTRIBUTOR CONTROL SYSTEM) SPINNING PT RAYON UTAMA MAKMUR SUKOHARJO

ARIANI, DINA RAHAYU (2018) PENTINGNYA PENERJEMAH BAHASA MANDARIN DALAM UPAYA MEMPERLANCAR KOMUNIKASI ANTARA OPERATOR TIONGKOK DAN INDONESIA DI DIVISI DCS (DISTRIBUTOR CONTROL SYSTEM) SPINNING PT RAYON UTAMA MAKMUR SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (686Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dina Rahayu Ariani. B3315004. 2018. Pentingnya Penerjemah Bahasa Mandarin Dalam Upaya Memperlancar Komunikasi Antara Operator Tiongkok dan Indonesia di Divisi DCS (Distributor Control System) Spinning PT Rayon Utama Makmur Sukoharjo. Program D3 Bahasa Mandarin, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penulisan tugas akhir ini dilatar belakangi karena tidak adanya penerjemah bahasa Mandarin yang khusus di divisi DCS Spinning. Perumusan masalahnya adalah dampak dari tidak adanya penerjemah khusus, seberapa penting hadirnya penerjemah khusus serta kendala dan solusi untuk penerjemah baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya penerjemah khusus dan dampak yang ditimbulkan jika tidak ada penerjemah khusus. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan sebanyak 94% responden menjawab sering terjadi kesalahpahaman jika tidak ada penerjemah sehingga dapat disimpulkan, pentingnya penerjemah khusus di DCS Spinning PT Rayon Utama Makmur guna memperlancar komunikasi untuk kelancaran proses produksi. Kata Kunci: penerjemah bahasa Mandarin, penerjemah khusus, pentingnya penerjemah, penerjemah baru.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Bahasa Cina
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 16 Jul 2018 20:00
    Last Modified: 16 Jul 2018 20:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41629

    Actions (login required)

    View Item