PENGARUH PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI KEBAKKRAMAT

K, ATIKA AYU (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI KEBAKKRAMAT. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (927Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Guided Discovery Learning terhadap partisipasi belajar siswa kelas XI MIPA SMA. Jenis penelitian adalah deskripsi kualitatif dengan metode quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri Kebakkramat. Sample yang terpilih adalah kelas XI IPA dengan teknik pengambilan cluster sampling dan berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas dari seluruh kelas XI IPA SMA Negeri Kebakkramat. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi untuk data partisipasi belajar siswa. Analisis data menggunakan uji Gain Score melalui analisis general linear model-univariate dengan menggunakan aplikasi SPSS ver.21.0 Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model Guided Discovery Learning terhadap partisipasi belajar siswa. Nilai partisipasi belajar siswa sebelum penggunaan model Guided Discovery Learning adalah 1.45 dan setelah diberikan perlakuan nilai partisipasi belajar meningkat menjadi 3.4. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Guided Discovery Learning mampu mempengaruhi partisipasi belajar pada pembelajaran biologi kelas XI MIPA.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 16 Jul 2018 18:12
    Last Modified: 16 Jul 2018 18:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41606

    Actions (login required)

    View Item