REPRESENTASI HEGEMONI BUDAYA POPULER DALAM MAJALAH (Studi Analisis Isi tentang Feminisme, Kecantikan, dan Gaya Hidup dalam Majalah Remaja Perempuan GoGirl! Edisi Oktober 2016 – Maret 2017)

RAMADHANI, RR FAUZIAH (2018) REPRESENTASI HEGEMONI BUDAYA POPULER DALAM MAJALAH (Studi Analisis Isi tentang Feminisme, Kecantikan, dan Gaya Hidup dalam Majalah Remaja Perempuan GoGirl! Edisi Oktober 2016 – Maret 2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (458Kb)

    Abstract

    Majalah sebagai media massa mampu bertindak sebagai cultural transmitter dengan menciptakan representasi dan konstruksi terhadap khalayak, GoGirl! Magazine salah satunya. Sebagai majalah buatan lokal, sejak awal kemunculannya GoGirl! Magazine malah menampilkan artis-artis perempuan Hollywood pada sampulnya yang diidentikkan sebagai bentuk imperialisasi budaya. Namun terhitung sejak Oktober 2016, majalah ini mengubah konsepnya secara signifikan yang menguatkan anggapan adanya kecenderungan hegemonik budaya populer yang secara masif dibentuk oleh arus globalisasi. Majalah ini dianggap mampu menyebarluaskan ideologi budaya populer kepada kalangan muda serta bertanggung jawab atas pengikisan budaya asli. Penelitian ini mengacu pada teori hegemoni budaya yang dirintis oleh Antonio Gramsci, yang berpendapat bahwa kelompok subordinat menerima ide, nilai, dan kepemimpinan dari kelompok dominan karena alasan mereka sendiri dan melakukannya secara sadar tanpa adanya paksaan. Penelitian ini membahas representasi budaya populer yang dimuat dalam GoGirl! Magazine yang meliputi feminisme, kecantikan dan gaya hidup; yang dianalisa menggunakan analisa isi kuantitatif dari rubrik-rubrik yang dimuat. Sehingga dapat disimpulkan hegemoni budaya populer dalam majalah ini diindikasikan oleh: (1) obsesi penggunaan bahasa dan slang Inggris, (2) penyuguhan informasi dengan pesan-pesan feminis, ditampilkannya fesyen yang berkiblat pada industri fesyen Barat dan kecantikan ideal yang condong pada standar kecantikan Jepang dan Korea, serta (3) rekomendasi-rekomendasi gaya hidup yang bercita rasa global.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Yusuf Fadlila R
    Date Deposited: 15 Jul 2018 22:06
    Last Modified: 15 Jul 2018 22:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41594

    Actions (login required)

    View Item