STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENERAPAN KEBIJAKAN TRANSPORTASI (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta Dalam Penerapan Sistem Satu Arah Di Kota Surakarta Tahun 2016)

PUTRA, RIZKA ARGI (2018) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENERAPAN KEBIJAKAN TRANSPORTASI (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta Dalam Penerapan Sistem Satu Arah Di Kota Surakarta Tahun 2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (676Kb)

    Abstract

    Kondisi lalu lintas di kota Surakarta yang setiap hari selalau meningkat, pada tahun 2014 tercatat lebih dari 363.559 unit kendaraan roda dua dan 75.858 unit kendaraan roda empat, akibatnya, tercipta kemacetan pada beberapa sudut kota yang juga berimbas pada kecelakan dan hal-hal lain yang tidak diinginkan, menurut Direktorat Keselamatan Transportasi Darat (2007), jumlah kecelakaan lalu lintas juga meningkat rata-rata 10,62% setiap tahunnya, karena kondisi ini, Dishubkominfo kota Surakarta menerapkan kebijakan system satu arah pada beberapa ruas jalan di kota Surakarta, beberapa di antaranya adalah ruas jalan Dr. Radjiaman dan ruas jalan Slamet Riyadi, penerapan ini tidak serta merta lancar karena muncul penolakan dari beberapa kelompok masyarakat, untuk itu, Dishubkominfo kota Surakarta menyusun strategi komunikasi untuk menerapkan sekaligus mengantisipasi gejolak protes yang muncul dari masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi komunikasi Dishubkominfo Kota Surakarta dalam menerapkan kebijakan satu arah menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh Harold Laswell tentang model komunikasi,penulis juga menggunakan metode teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kemudian melakukan analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan yang dapat diambilstrategi komunikasi Dishubkominfo dalam menerapkan kebijakan system satu arah adalah dengan menentukan atau merumuskan pesan yang akan disampaikan kepada masyarakat, kemudian memilih media-media yang dianggap efektif guna menyampaikan pesan komunikasi penerapan system satu arah, kemudian menentukan siapa yang menjadi target audiens dan juga efek yang menjadi tujuan dari strategi komunikasi tersebut.Saran yang diberikan Dishubkominfo kota Surakarta adalah menggunakan media dengan semaksimal mungkin, dengan memiliki akun di beberapa media social dapat membantu untuk bersambung rasa kepada masyarakat, menanggapi saran dan kritikan dengan ramah dan dapat menerapkan kebijakan sesuai dengan tujuan. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Sistem Satu Arah, Dishubkominfo

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Yusuf Fadlila R
    Date Deposited: 14 Jul 2018 20:32
    Last Modified: 14 Jul 2018 20:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41589

    Actions (login required)

    View Item