PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS ) UNTUK MENINGKATKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA ANAK TUNARUNGU KELAS IV SLB N SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

A`YUNIN, QURROTA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS ) UNTUK MENINGKATKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA ANAK TUNARUNGU KELAS IV SLB N SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1018Kb)

    Abstract

    Qurrota A’yunin. K5114034. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA ANAK TUNARUNGU KELAS IV SLB N SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan danIlmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) untuk meningkatkan prestasi belajar IPA anak tunarungu kelas IV SLB N Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa tunarungu kelas IV SLB N Surakarta yang berjumlah 5 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design, yang mana sekelompok subjek dikenai perlakuan untuk jangka waktu tertentu dan pengaruh perlakuan diukur dari perbedaan antara pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu tes objektif berbentuk pilihan ganda. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis uji peringkat bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Sign Rank Test). Bedasarkan analisis data yang dilakukan, diketahui nilai Z hitung adalah 〖-2,070〗^b dengan Asymp. Sign (2-tailed) 0,038 pada taraf signifikan (α) 0,05 atau 5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) berpengaruh untuk meningkatkan prestasi belajar IPA anak tunarungu kelas IV SLB N Surakarta tahun ajaran 2017/2018 Kata kunci : model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS ) prestasi belajar IPA, anak tunarungu

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
    Depositing User: Yusuf Fadlila R
    Date Deposited: 14 Jul 2018 14:31
    Last Modified: 14 Jul 2018 14:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41577

    Actions (login required)

    View Item