PENERAPAN TEORI BRUNER DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MADURETNO TAHUN AJARAN 2017/2018

TITIS P, PARASDYA (2018) PENERAPAN TEORI BRUNER DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MADURETNO TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (773Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Parasdya Titis Pramudita. K7114509. PENERAPAN TEORI BRUNER DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MADURETNO TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2018. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan Teori Bruner, (2) meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Maduretno, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan Teori Bruner dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Maduretno tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan tiga siklus yang dilaksananakan melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan 20 siswa kelas IV SD Negeri Maduretno. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik nontes yang terdiri dari observasi dan wawancara serta teknik tes. Validasi data diuji menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Peneliti membuat kisi-kisi yang bertujuan untuk menjaga validitas isi. Analisis data yang dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) langkah-langkah penerapan Teori Bruner yaitu: (a) memanipulasi benda konkret (tahap enaktif), (b) menggambarkan dan menceritakan hasil manipulasi benda konkret (tahap ikonik), dan (c) menuliskan simbol Matematika (tahap simbolik); (2) penerapan Teori Bruner dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Maduretno tahun ajaran 2017/2018, terbukti pada ketuntasan hasil belajar matematika tentang pecahan siklus I = 87,50%, siklus II = 92,50%, dan pada siklus III = 92,50%; (3) kendala dalam penerapan Teori Bruner yaitu: (a) proses manipulasi media membutuhkan waktu yang lama, (b) siswa kurang aktif mengungkapkan gagasan dan menanggapi cerita siswa lain, (c) beberapa siswa terlihat kurang memperhatikan penjelasan guru, (d) siswa kurang berperan aktif dalam pengambilan kesimpulan, dan (e) siswa membutuhkan waktu yang lama dalam memahami soal. Adapun solusinya adalah: (a) siswa dibimbing agar membagi rata tugas kelompok, (b) siswa dimotivasi untuk aktif mengungkapkan gagasan dan menangapi cerita siswa lain, (c) siswa yang tidak memperhatikan ditegur dan diberi pertanyaan, (d) siswa dibimbing untuk menyimpulkan sendiri, dan (e) menambah alokasi waktu pada tahap simbolik. Simpulan penelitian ini adalah penerapan Teori Bruner dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Maduretno tahun ajarn 2017/2018. Kata kunci: Teori Bruner, pecahan. ABSTRACT Parasdya Titis Pramudita. K7114509. THE USE OF BRUNER’S THEORY IN IMPROVING THE LEARNING OF MATHEMATICS ABOUT FRACTION FOR THE FOURTH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI MADURETNO IN THE ACADEMIC YEAR OF 2017/2018. Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta. April 2018. The objectives of this research are: (1) to describe the steps on the use of Bruner’s Theory, (2) to improve the learning of Mathematics about fraction for the fourth grade students of SD Negeri Maduretno, and (3) to describe problems and solutions on the use of Bruner’s Theory in improving the learning of Mathematics about fraction for the fourth grade students of SD Negeri Maduretno in the academic year of 2017/2018. This research is a collaborative classroom action research conducted within three cycles through planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were teacher and 20 students of the fourth grade of SD Negeri Maduretno. Sources of data were derived from teacher and studentas. The data used is qualitative and quantitative data. Techniques of collecting data were non-test (observation, interview) and test. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Test blueprint was made to maintain the validity of data. Data will be analyzed through three stages namely data reduction, data display, and drawing conclusion. The results of this research show that: (1) the steps on the use of Bruner’s Theory namely: (a) manipulate objects concrete (enactive stage), (b) describe and tell the results of manipulation objects concrete (iconic stage), and (c) write a symbol of Math (symbolic stage); (2) The use of Bruner’s Theory can improve the learning of Mathematics about fraction for the fourth grade students of SD Negeri Maduretno in the academic year of 2017/2018. It was proven by the increase of learning outcomes in the first cycle 87.50%, in the second cycle 92.50%, and in the third cycle 92.50%; (3) the problems encountered in the learning, namely: (a) the process of media manipulation required a long time, (b) students less active revealed the idea of and respond to stories another student, (c) some students pay less attention to the teacher’s explanation, (d) student less active in conclusion, and (e) students needed more time to understand the exercise. The solutions are: (a) students are guided in order to divide the average group assignments, (b) students be motivated to active revealed the idea of and respond to stories another student, (c) students who don’t pay attention to the was reprimanded was later given the question, (d) students are guided to conclude, and (e) add more time allocation in symbolic stage. The conclusion of this research is the use of Bruner’s Theory can improve the learning of Mathematics about fraction for the fourth grade students of SD Negeri Maduretno in the academic year of 2017/2018. Keywords: Bruner’s Theory, fraction.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Yusuf Fadlila R
    Date Deposited: 14 Jul 2018 00:41
    Last Modified: 14 Jul 2018 00:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41570

    Actions (login required)

    View Item