Penerapan Model Time Token dengan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN 1 Seliling Tahun Ajaran 2017/2018

RAHMAWATI, NUR (2018) Penerapan Model Time Token dengan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN 1 Seliling Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (930Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nur Rahmawati. PENERAPAN MODEL TIME TOKEN DENGAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V SDN 1 SELILING TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2018. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model time token dengan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 1 Seliling, (2) meningkatkan keterampilan berbicara melalui model time token dengan media gambar seri pada siswa kelas V SDN 1 Seliling, serta (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model time token dengan media gambar seri pada siswa kelas V SDN 1 Seliling semester genap tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/ observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Seliling yang berjumlah 21, 8 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Sumber data penelitian ini yaitu siswa kelas V, guru kelas, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan model time token dengan media gambar seri terdiri dari sembilan langkah, yaitu; (a) penyampaian tujuan pembelajaran, (b) penjelasan materi dengan menggunakan media gambar seri, (c) pembagian kelompok belajar, (d) pemberian tugas, (e) pemberian kupon berbicara, (f) pelaksanaan berbicara siswa, (g) penilain berbicara siswa, (h) penyimpulan materi pengajaran, (i) evaluasi; (2) penerapan model time token dengan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SDN 1 Seliling yang dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 66,67%, siklus II meningkat menjadi 85,71 dan pada sikus III meningkat lagi menjadi 90,45%; (3) kendala dalam pelaksanaan yaitu (a) siswa masih berebut saat berpendapat di dalam kelompoknya, (b) waktu yang digunakan melebihi batas. Solusi dari kendala di atas adalah (a) guru mengarahkan siswa agar tidak berebut saat berpendapat (b) guru lebih tegas dalam penggunaan waktu. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model time token dengan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SDN 1 Seliling tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: time token, gambar seri, keterampilan berbicara

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Yusuf Fadlila R
    Date Deposited: 14 Jul 2018 00:35
    Last Modified: 14 Jul 2018 00:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41568

    Actions (login required)

    View Item