Kajian Deskriptif Penanganan Klaim Garansi Produk dari Buyer di CV Palem Craft Yogyakarta

PURWANINGSIH, NITASARI (2018) Kajian Deskriptif Penanganan Klaim Garansi Produk dari Buyer di CV Palem Craft Yogyakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (533Kb)

    Abstract

    Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya risiko yang akan dihadapi bagi pengusaha handicraft berupa terjadinya kerusakan barang ketika diterima oleh konsumennya. CV Palem Craft merupakan perusahaan ekspor yang menerapkan klaim garansi kerusakan produk bagi konsumennya yang dilakukan dengan cara pergantian produk dan pemberian diskon. Rumusan yang diajukan penulis dalam penelitian ini adalah evaluasi terhadap penanganan klaim yang dilakukan apabila terjadi klaim dari konsumen. Metode yang digunakan adalah deskriptif studi kasus pembeli yang berasal dari Libanon bernama Bambooka. Data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu, data primer seperti klaim kerusakan yang diperoleh dengan wawancara langsung pada pihak perusahaan yang menangani klaim, dan data sekunder yang diperoleh dari buku serta sumber lainnya. Hasil penelitian meliputi cara perusahaan dalam menangani klaim dari buyer, serta konsekuensi terhadap penanganan klaim. Efek yang akan dialami perusahaan ketika terjadi klaim. Kata Kunci: Klaim, Garansi, CV Palem Craft Jogja Abstract This research is based on the risk that will be faced by a seller of handicraft like damages of goods when the product received by buyer. CV Palem Craft is an export company that implements claim guarantee to the damage of goods for it customers by product turnover or discounting. This study in this research told about the evaluation of the handling klaim guarantee that to do if there is a claim by buyer. The method used is descriptive with study case the buyer from Libanon where the named Bambooka. The data used in this research there are two, primary data such as damage claim obtained by direct interview with employes of the company that handling claim, and secondary data obtained from books and other sources. The result of the research include the way of company to handling claim from buyer, also the concequences for handling claim. The effect that will be experienced by the company when the claim happend. Key word: Claim, Guarantee, CV Palem Craft Jogja

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HG Finance
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Manajemen Perdagangan
    Depositing User: Yusuf Fadlila R
    Date Deposited: 12 Jul 2018 22:38
    Last Modified: 12 Jul 2018 22:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41567

    Actions (login required)

    View Item