PENGARUH PERMAINAN MENJAHIT TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK BERKEMAMPUAN MENTAL RENDAH KELAS 6 SLB BC-AUTIS YBA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

AFINA, NISA MUTHI (2018) PENGARUH PERMAINAN MENJAHIT TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK BERKEMAMPUAN MENTAL RENDAH KELAS 6 SLB BC-AUTIS YBA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (966Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan menjahit terhadap peningkatan kemampuan motorik halus Anak Berkemampuan Mental Rendah (ABMR) kelas 6 SLB BC-Autis YBA Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan Metode Eksperimen dengan subjek tunggal (single subject research)dengan desain A-B-A, yaitu dimulai dengan pengukuran baseline 1 hingga data stabil dan dilanjutkan dengan intervensi, kemudian langkah terakhir adalah pengukuran baseline 2. Subjek dalam penelitan ini adalah Anak Berkemampuan Mental Rendah (ABMR) kelas 6 SLB BC-Autis YBA Surakarta tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 2 anak. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah tes tindakan dalam memperagakan permainan menjahit dengan teknik jelujur satu lubang dan teknik jelujur dua lubang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil analasiss penelitian ini diperoleh rata-rata skor masing-masing subjek dalam tiga fase yaitu baseline 1, intervensi, dan baseline 2. Dalam fase baseline 1 subjek AD memperoleh nilai 35 dan TM memperoleh nilai 30. Pada fase intervensi nilai rata-rata meningkat, yaitu subjek AD memperoleh nilai 78,33 dan subjek TM memperoleh nilai 73,3. Pada fase baseline 2 subjek AD mendapat nilai 90 dan subjek TM memndapat nilai 80. Adapun hasil analisis yang sudah dilakukan dari data yang telah diperoleh menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus Anak Berkemampuan Mental Rendah kelas 6 dengan kestabilan 100% (stabil) dari fase baseline 1 ke fase intervensi dan ke fase baseline 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan menjahit berpengaruh terhadap peningkatan motorik halus Anak Berkemampuan Mental Rendah kelas 6 SLB BC-Autis YBA Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Kata Kunci : permainan menjahit, motorik halus, Anak Berkemampuan Mental Rendah (ABMR)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
    Depositing User: Yusuf Fadlila R
    Date Deposited: 12 Jul 2018 22:32
    Last Modified: 12 Jul 2018 22:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41566

    Actions (login required)

    View Item