PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKUNTANSI BERBENTUK KOMIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 TUNJUNGAN

AKBAR, MUHAMMAD RIZKY (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKUNTANSI BERBENTUK KOMIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 TUNJUNGAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (654Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Muhammad Rizky Akbar. K7412120. Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Berbentuk Komik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Tunjungan. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2018 Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar akuntansi berbentuk komik yang layak dan efektif untuk diterapkan pada siswa SMA Negeri 1 Tunjungan dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE yang telah dimodifikasi menjadi 3 (tiga) komponen utama yaitu (1) Tahap Pendahuluan meliputi analisis, (2) Tahap Pengembangan meliputi rancangan, pengembangan dan implementasi, dan (3) Tahap Pengujian meliputi evaluasi. Proses validasi dilakukan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi. Proses uji coba dilakukan dengan metode The randomized pretest-posttest control group design (rancangan tes awal-tes akhir kelompok kontrol sampel acak). Subjek uji coba adalah siswa kelas XII IPS 1 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XII IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari angket kebutuhan, angket kelayakan, angket respon siswa, tes prestasi belajar pre test dan post test. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bahan ajar akuntansi berbentuk komik layak menurut penilaian ahli media 85,76%, ahli materi 98,42%, uji perorangan 89,88%, uji kelompok kecil 90%, uji lapangan 91,02%, (2) bahan ajar akuntansi berbentuk komik efektif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Tunjungan sebesar 31,25 poin dari 57,81 menjadi 89,06 serta perbedaan nilai post test 18,75 poin dari kelas kontrol 70,31 dan kelas eksperimen 89,06. Simpulan penelitian ini adalah bahan ajar akuntansi berbentuk komik yang dikembangkan layak dan efektif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Tunjungan Kata kunci : research and development, bahan ajar akuntansi, prestasi belajar, komik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LT Textbooks
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Yusuf Fadlila R
    Date Deposited: 12 Jul 2018 22:23
    Last Modified: 12 Jul 2018 22:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41564

    Actions (login required)

    View Item