STUDI PERBANDINGAN TINGKAT KEDISIPLINAN ANTARA PESERTA DIDIK SMA DAN SMK BATIK SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MUSTHOFA, MUHAMAD (2018) STUDI PERBANDINGAN TINGKAT KEDISIPLINAN ANTARA PESERTA DIDIK SMA DAN SMK BATIK SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1173Kb)

    Abstract

    Muhamad Musthofa, STUDI PERBEDAAN TINGKAT KEDISIPLINAN ANTARA PESERTA DIDIK SMA DAN SMK BATIK SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kedisiplinan antara peserta didik SMA Batik 2 Surakarta dan SMK Batik 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji data menggunakan Mann-Whitney. Hasil uji hipotesis menunjukkan Assymp. Sig 0.186 dimana lebih besar dari angka probabilitas 0.05, maka hipotesis ditolak. Hal tersebut berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan tingkat kedisiplinan antara peserta didik SMA dan SMK. Simpulan hasil penelitian ini adalah tidak ada perbedaan yang signifikan tingkat kedisiplinan antara peserta didik SMA dan SMK. Dengan adanya penelitian ini, dapat disampaikan saran kepada kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, dan peneliti lain. Kepada kepala sekolah penelitian ini diharapkan menjadi acuan informasi serta memberikan masukan guna memfasilitasi guru Bimbingan dan Konseling dalam melakukan pembinaan kepada peserta didik SMA Batik 2 Surakarta dan SMK Batik 1 Surakarta terutama dalam masalah kedisiplinan. Kepada guru bimbingan dan konseling penelitian ini diharapkan dapat membantu guru BK dalam memberikan layanan yang sesuai untuk mengatasi/ mencegah peserta didik melakukan pelanggaran disiplin. Kepada peneliti lain, hasil penelitian dapat dijadikan acuan dalam melakukan penelitian yang sejenis, selain itu dapat memberikan wawasan mengenai perbedaan tingkat kedisiplinan antara peserta didik SMA dan SMK. Kata kunci: tingkat kedisiplinan, SMA, SMK.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Yusuf Fadlila R
    Date Deposited: 12 Jul 2018 22:02
    Last Modified: 12 Jul 2018 22:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41560

    Actions (login required)

    View Item