Studi Tentang Pembelajaran Body Painting di Komunitas Papaya Art Boyolali

Sancaya Dewi, Luna (2018) Studi Tentang Pembelajaran Body Painting di Komunitas Papaya Art Boyolali. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (937Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Luna Sancaya Dewi. K3213034. STUDI TENTANG PEMBELAJARAN BODY PAINTING DI KOMUNITAS PAPAYA ART BOYOLALI. Skripsi, Surakarta :Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2017 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) latar belakang yang mendasari terbentuknya komunitas Papaya Art, (2) proses pelaksanaan pembelajaran body painting di komunitas Papaya Art Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan strategi kasus tunggal terpancang dan dilaksanakan selama 6 bulan. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan peristiwa foto, arsip dan dokumen. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengamatan terlibat, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan review informan. Analisis data yang digunakan adalah flow model analysi. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Latar belakang terbetuknya komunitas Papaya Art adalah untuk membuat wadah bagi pecinta seni di kota Boyolali dan adanya keinginan untuk melestarikan budaya kesenian di dalam sebuah komunitas. (2) Proses pembelajaran yang dilakukan komunitas Papaya Art dilaksanakan melalui workshop. Pembelajaran melalui workshop dilakukan secara by request dengan menyesuaikan acara yang diadakan. Proses pembelajaran yang dilaksanakan komunitas Papaya Art menggunakan pendekatan teori belajar behavioristik karena memiliki ciri tujuan pembelajaran lebih ditekankan pada bagaimana menambah pengetahuan. Papaya Art memiliki tujuan untuk belajar kesenian dan membelajarkan body painting kepada anggota komunitas dan peserta workshop. Metode pembelajaran yang digunakan dalam komunitas Papaya Art adalah metode demonstrasi, metode diskusi, dan metode presentasi. Materi disampaikan dengan cara demonstrasi dan presentasi. Media pembelajaran yang digunakan yaitu contoh hasil karya body painting, baik berupa hasil karya asli ataupun melalui foto. Guru dan peserta didik di dalam komunitas Papaya Art bersifat fleksibel. Evaluasi dilakukan dengan cara diskusi dan sharing. Kata kunci: proses pembelajaran, body painting, komunitas Papaya Art.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LC Special aspects of education
    L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    N Fine Arts > ND Painting
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Yusuf Fadlila R
    Date Deposited: 12 Jul 2018 15:25
    Last Modified: 12 Jul 2018 15:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41545

    Actions (login required)

    View Item